arsitektur lansekap

Pengertian Profesi Arsitektur Lansekap

Posted on
Umumnya arsitektur lansekap merupakan profesi yang menekuni seni perencanaan dan perancangan serta dapat mengatur dari perpaduan lahan dan elemen-elemen alam ataupun buatan yang diaplikasikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan budaya. Tujuan dari arsitektur lansekap yaitu dapat menciptakan lingkungan yang fungsionalitas dan estetis tetapi dapat memperhatikan kebutuhan pelayanan serta pemeliharaan sumber daya. Dengan demikian profesi arsitektur lansekap merupakan profesi yang memiliki wawasan serta berperan aktif pada jenis proyek pembangunan mulai dari proyek besar ataupun proyek kecil, proyek-proyek besar dapat digolongkan berupa : studi perancangan regional, kebijakan ruang terbuka, perancangan kawasan rekreasi, perancangan tapak industry, public parks dan lain-lain Dari dasar pemikiran profesi arsitektur lansekap harus dapat menghubungkan pemikiran-pemikiran antara Natural Scientist dan Land Developer Economist. Mampu melakukan didalam mendayagunakan serta menggunakan hasil dari potensi dan kemampuan lingkungan alam untuk kebutuhan manusia secara bijaksana [sc name=”iklan umum link”] Profesi arsitektur lansekap terdapat kegiatan adanya tuntutan berdasarkan klasifikasi dari kebutuhan masyarakat, klasifikasi ini mencakup :
  1. Perencanaan Arsitektur lansekap (Landscape Planning)
  2. Perancangan tapak (Site Planning), dan
  3. Perencanaan detail Arsitekur lansekap (Detailed Landscape Design)
1. Perencanaan Arsitektur Lansekap (Landscape Planning)
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Perencanaan lansekap (Landscape Planning) merupakan konsentrasi dari studi kajian proyek berskala besar agar dapat mengevaluasi secara systematis area lahan yang begitu luas untuk penggunaan berbagai kebutuhan dimasa mendatang berdasarkan analisa kebutuhan. Kerjasama yang dijalankan dengan disiplin merupakan syarat utama untuk bisa mencapai kebijakan atau tata guna tanah. Pada tahap ini kita mengenal cakupan pekerjaan seperti taman nasional, lansekap pedesaan, lansekap perkotaan, regional lansekap, lansekap daerah aliran sungai, dan lain-lain. Perencanaan lansekap memiliki prinsip upaya menciptakan dan menyambung kembali sebuah rangkaian taman hijau kota (green parks) dan ruang terbuka kota (open space) dengan menyiapkan rencana strategis dan melaksanakan rekomendasi prencanaan atau standar aturan yang berlaku kurung waktu 20 tahun mendatang
Baca juga :   4 Fungsi Pembatas dalam arsitektur lansekap
Perencanaan lansekap adalah proses yang memberdayakan peran masyarakat dalam pengelolaan pengembangan, konektivitas, pendanaan untuk ruang terbuka. Perencanaan lansekap kota memiliki pengertian sebidang tanah yang dimiliki oleh swasta maupun public dengan bertujuan untuk melestarikan dan mendapatkan kesempatan untuk mengelolanya menjadi tujuan konservasi atau rekreasi. Tujuan akhir dari perencanaan lansekap yaitu rencana yang menghasilkan pengelolaan yang efektif untuk ruang terbuka yang telah ada atau sedang dalam perencanaan di dalam kota, termasuk pada hasil akhir (output) yaitu :

Leave a Reply