Struktur ruang terbuka dalam arsitektur lansekap

Posted on
Dalam arsitektur lansekap kita akan mempelajari struktur ruang terbuka hijau, dimana struktur ini akan menjelaskan ruang lingkup antara child and parent dari hubungan struktur yang disusun dalam ruang terbuka.
struktur ruang terbuka
Untuk menjelaskan struktur gambar diatas, terdapat beberapa definisi dari susunan struktur diatas, definisi ini yaitu :
1. Struktur Ruang Terbuka Hijau Lindung (RTHL)
Ruang Terbuka Hijau Lindung (RTHL) merupakan ruang yang memiliki kawasan yang sangat luas ditinjau dari berbagai sudut pandang. Penggunaan dari RTHL ini bersifat terbuka dan umum dan juga kawasan dari RTHL ini di dominasi oleh tanaman, baik yang secara alami ataupun yang dibudidayakan. Kawasan Ruang Terbuka Hijau Lindung (RTHL) ini mencakup cagar alam, hutan bakau, kawasan pertanian, hutan wisata dan lain-lain.
2. Struktur Ruang Terbuka Hijau Binaan (RTHB)
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Ruang Terbuka Hijau Binaan (RTHB) merupakan ruang yang memiliki kawasan yang sangat luas ditinjau dari berbagai sudut pandang. Penggunaan dari RTHB ini bersifat terbuka dan umum, dan untuk kawasan dari RTHB ini areanya didominasi oleh perkerasan buatan yang memiliki sebagian kecil tanaman. Tujuan dari RTHB ini yaitu sebagai upaya dalam menjaga keseimbangan antara ruang yang dibangun dan ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi sebagai jantung kota, mencegah polusi, peresapan air dan perlindungan terhadap flora. Kawasan Ruang Terbuka Hijau Binaan (RTHB) ini memiliki manfaat yang ditujukan untuk fasilitas umum, hutan kota, taman perumahan, pemakaman umum, bangunan pelengkap dan kelengkapannya.

Leave a Reply