manusia dengan ruang

2 Hubungan antara Manusia dengan Ruang

Posted on
Di dalam teori arsitektur lansekap terdapat hubungan antara manusia dengan ruang, hubungan ini disebabkan karena manusia selalu bergerak di dalam ruang dan ruang itu sendiri tidak ada artinya jika tidak ada manusia di dalamnya. Dari sebab inilah kiranya setiap perancangan ruang harus selalu memperhatikan kondisi manusia yang akan bergerak di dalamnya. Hubungan manusia dengan ruang dapat di pisahkan menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Hubungan Manusia dengan Ruang berdasarkan dimensional (antrometrics)
  2. Hubungan Manusia dengan Ruang berdasarkan Psikologi & Emosional (proxemics)
1. Hubungan Manusia dengan Ruang berdasarkan dimensional
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Hubungan dimensional ini dapat diartikan dengan dimensi-dimensi yang memiliki hubungan antara ruang dengan tubuh serta pergerakan manusia. Ketika dalam perencanaan lansekap maka kiranya setiap arsitek harus memperhatikan kuantitas dari dimensi yang dapat menampung manusia di dalamnya, alangkah jeleknya jika setiap perencanaan dimensi tidak memperhatikan kuantitas karena bisa saja setiap manusia yang ada di dalamnya merasa sesak jika berada di dalam ruang yang sempit. Selain itu pengaturan dimensi harus di desain sedemikian rupa dengan memperhatikan psikologis dan emosional dari manusia yang akan menempati ruang tersebut.

2 comments

  1. Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at perpusteknik.com promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Leave a Reply