7 Penyebab Gagal Sukses dalam Bisnis

7 Penyebab Gagal Sukses dalam Bisnis

Disaat anda mulai terjun ke dunia bisnis, pilihan anda hanyalah 2, yaitu gagal sukses atau berhasil? begitu banyak penyebab gagal sukses dalam bisnis, karena menjalankan bisnis tidak semudah dengan menjalankan pekerjaan biasanya. Bisnis itu butuh yang namanya strategi. Menyangkut hal tersebut, perpusteknik.com akan mengulas apa saja yang membuat anda akan gagal sukses menjalani bisnis, hal tersebut mencakup :

1. Tidak adanya perencanaan yang matang

Setiap bisnis butuh yang namanya PERENCANAAN YANG MATANG.. jika anda menjalankan bisnis tanpa ada rencana yang matang, maka ibaratnya anda sedang berjalan di hutan tanpa kompas dan peta. Mengapa demikian? Bisnis itu butuh yang namanya pengarahan, dan pengarahan ini di dapat dari perencanaan yang matang, maka jangan salah apabila anda tidak merencanakan bisnis dengan baik, bisnis tersebut akan hancur berantakan. Selain itu, mengurus bisnis tanpa perencanaan yang matang hanya akan membuat anda mengeluarkan biaya yang banyak dalam pengelolaannya, bisnis anda tidak akan pernah mencapai sasaran yang efektif dan efisien dalam realisasinya. Perencanaan yang matang ini dimulai dari : bisnis apa yang ingin anda geluti? Apakah anda memiliki keahlian dalam bisnis tersebut? bagaimana strategi anda dalam menjalankan bisnis tersebut? bagaimana cara anda menghadapi segala resiko yang mungkin terjadi? Dan bagaimana anda mempertahankan bisnis anda dalam jangka waktu yang lama?

2. Tidak mau belajar dan mengembangkan diri

Jika anda menjalankan bisnis dan tidak mau belajar serta mengembangkan diri dalam menglola bisnis tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa bisnis yang anda jalankan tidak akan pernah maju dan tidak akan bertahan lama. Belajar itu tidak mengenal usia, belajar itu tidak mengenal kondisi dan keadaan dan juga belajar itu sudah menjadi kewajiban selama anda masih hidup!! Semakin berkembangnya dunia industri masa kini, maka anda dituntut untuk lebih giat belajar dan mengembangkan diri anda sehingga anda mampu mengintegrasikan bisnis anda dengan perkembangan tekhnologi masa kini.

Baca juga :   Kerja yang paling baik dimata tuhan dan dimata manusia
3. Takut mengambil resiko

Di dunia ini, coba sebutkan pekerjaan apa yang tidak memiliki resiko sama sekali tetapi menghasilkan penghasilan yang memuaskan? Semua pekerjaan pasti memiliki resiko apalagi di dunia bisnis, semakin tinggi pendapatan yang akan anda dapatkan, maka semakin tinggi juga resiko yang mungkin akan anda hadapi. Jangan pernah takut mengambil resiko, asalkan ada acuan untuk mengendalikan resiko dalam dunia bisnis, maka sudah dipastikan anda akan dapat menghadapi resiko yang mungkin terjadi. Pertimbangkan juga resiko yang ingin anda ambil di dalam dunia bisnis, jangan mengambil resiko yang terlalu berat dan diluar batas kemampuan anda, berawal dari resiko kecil maka lama kelamaan anda akan ahli dalam mengendalikan resiko yang amat besar.

4. Terlalu memaksakan keadaan

Jika anda menjalankan bisnis jangan sekali-kali memaksakan keadaan. jika anda belum mampu meraihnya dan sudah tidak ada jalan lagi meraihnya, maka bersabarlah karena mungkin bisnis yang anda targetkan memiliki prosedur yang sangat rumit dan tidak mampu anda kelola dalam kurun waktu tertentu. Mulailah dari bisnis yang kecil, dari bisnis kecil itulah akan melatih anda untuk mampu mengelola bisnis yang besar walaupun memiliki prosedur yang sangat rumit. Terlalu memaksakan keadaan juga akan membuat anda kurang konsentrasi mengelola bisnis anda, sehingga bisnis anda tidak mencapai sasaran dan ujung-ujungnya anda akan gagal sukses. Terlalu memaksakan keadaan juga merupakan tipe orang yang tidak memiliki strategi dalam mengelola bisnisnya.

5. Penyebab gagal sukses paling berpengaruh adalah Takut Gagal

Gagal boleh Tapi Gagal Sukses itu yang mesti tak boleh, kegagalan adalah kunci kesuksesan dalam bisnis anda. Orang yang sering patah hati dan putus asa saat mereka mengalami kegagalan adalah orang yang sangat sulit untuk mencapai kesuksesan. gagal adalah sebuah pembelajaran bagi anda bahwa anda jangan pernah lagi mengikuti cara yang sebelumnya yang membuat anda gagal tetapi kembangkan inovasi dan ide anda dalam memperbaiki kegagalan yang ada. Bisa jadi setelah mengalami beberapa macam kegagalan, anda akan dibayar oleh Tuhan dengan kunci kesuksesan. Pepatah mengatakan “anda tidak akan pernah merasakan manis apabila belum merasakan pahit, karena dari rasa pahit itulah anda akan mengenal rasa manis saat mencicipinya”, begitu juga dengan bisnis, anda tidak akan pernah merasakan manisnya kesuksesan jika anda belum pernah merasakan pahitnya kegagalan. Lalu bagaimana anda ingin sukses sedangkan anda takut gagal?

Baca juga :   5 Usaha yang menguntungkan dengan modal kecil
6. Kebanyakan Teori daripada praktek

Jika anda merasa hanya dengan membaca artikel ini tanpa mempraktekannya di dalam bisnis anda, itu adalah kesalahan yang sangat besar. Bisnis itu butuh praktek, agar anda akan melihat secara nyata apa yang sesuai dan apa yang tidak sesuai dengan teori yang berada dihalaman ini? Apa yang benar? Dan apa yang salah? Orang yang kebanyakan teori itu ibarat orang yang diam ditempat. Selain itu dengan mempraktekannya langsung anda akan mendapatkan pengalaman berharga bahwa seharusnya seperti ini anda menjalankan bisnis anda.

7. Tidak ada dukungan dan jauh dari Tuhan

Ketahuilah bisnis itu butuh dukungan. dukungan dari teman, keluarga, modal yang memadai dan Tuhan yamg Maha Pengasih, yang paling menentukan takdir anda gagal sukses atau berhasil adalah Allah SWT. Berapa banyak orang diluar sana yang memiliki modal banyak tapi gagal sukses? Dan berapa banyak orang yang memiliki banyak dukungan diluar sana dari teman dan keluarga tapi masih gagal sukses? jadi jangan pernah merasa bahwa dengan dukungan dari teman, keluarga dan dari segi modal yang banyak saja anda akan sukses. Salah satu kegagalan dalam bisnis yang paling berpengaruh tetapi tidak kasat mata itu adalah sudah merasa takabur dan jauh dari Tuhan, optimis boleh TAPI jangan takabur dan tetap jaga ibadah anda, agar bisnis yang anda jalankan akan mendapatkan berkah dan kelancaran rezeki dari Allah SWT.

Kesimpulan..

Jadi, untuk menjalankan bisnis itu banyak yang mesti diperhatikan. Walaupun kadang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetaplah optimis TAPI jangan takabur dan jangan sampai membuat anda jauh dari tuhan. Selamat menjalani bisnis anda, semoga anda berhasil dan mendapat rezeki yang banyak, amiiin….

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…




Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020