tanggung jawab konsultan perencana

Peran dan tanggung jawab konsultan perencana

Posted on
Konsultan perencana merupakan pihak yang berperan penting dalam pembangunan konstruksi. Pihak konsultan perencana memiliki peran dan tanggung jawab untuk proses kelancaran awal pembangunan, karena sebelum melaksanakan pembangunan, tentu hal yang utama di lakukan adalah “merencanakan”. Konsultan perencana merupakan pihak yang akan menerima tugas dari pemberi tugas untuk melakukan perencanaan pembangunan. Perencana ini terdiri dari perseorangan atau badan usaha baik dari swasta ataupun pemerintah. Pada topik kali ini, perpusteknik.com akan membahas tentang Peran dan Tanggung Jawab konsultan perencana.
1. Peran konsultan perencana
Sebelum awal pembangunan di laksanakan, sangat dibutuhkan peran dari perencana untuk merencanakan desain bangunan serta memprediksi berapa besaran anggaran yang diperlukan untuk melakukan pembangunan tersebut.

[sc name=”Iklan teknik sesuai konten”] Tanpa perencana, semua kegiatan pelaksanaan konstruksi tidak memiliki target pencapaian yang maksimal, karena peran dari perencana adalah mengarahkan pihak kontraktor untuk melaksanakan pembangunan sesuai yang tertuang di dalam “Gambar kerja” dan “RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Leave a Reply