tips kuliah

7 Tips Kuliah di Fakultas Teknik

Posted on
Saat anda menginjak bangku kuliah tentu akan terasa bedanya dibandingkan saat anda masih SMA, apakah semenjak SMA anda tidak mengerjakan tugas anda dikejar-kejar oleh guru? Apakah semenjak SMA anda bolos anda masih memiliki banyak kesempatan? Dan apakah jika anda bisa mengerjakan tugas di SMA secara individu dikuliah anda bisa juga seperti itu ? untuk menjawab semua pertanyaan itu bacalah panduan berikut yang membahas tips kuliah di keteknikan..
1. Tips Kuliah dalam memilih Kampus
Kampus yang anda tempati biasanya memiliki program pembelajaran yang berbeda-beda, antara kampus swasta dan kampus negeri, antara kampus ternama dan kampus yang kurang dikenal tetapi apapun program pembelajaran yang dijalankan dikampus tersebut dalam menjalani study tujuan intinya hanya 1 yaitu mencerdaskan anak bangsa sehingga dapat meningkatkan kualitas suatu negara dari segi ekonomi, budaya, social, pembangunan, dan lain-lain. membahas mengenai keteknikan tidak semua kampus memiliki yang namanya “Fakultas Teknik”. Ya, banyak yang mengenal Fakultas Teknik tetapi tak semua orang tau seperti apa Fakultas Teknik, kadang ada orang yang asal masuk saja dan akhirnya dia bosan serta dia mengalami proses “Datang tak dijemput, pulang tak diantar” untuk itu meninjau dari sisi kampus anda disarankan meneliti terlebih dahulu kampus mana yang sesuai dengan karakter anda jika anda ingin masuk di Fakultas Teknik.
2. Tips Kuliah dalam memilih Jurusan
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Jurusan yang berada di “Fakultas Teknik” itu berbeda-beda, jurusan ini terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin dan lain-lain. setiap jurusan pun memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, dan setiap jurusan di hiasi dengan berbagai macam watak dari dosen pengajar dan kakak-kakak senior yang kebanyakan wajahnya kadang datar ketika bertemu pertama kali dengan anda yaitu “calon mahasiswa fakultas teknik”.
Baca juga :   Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah ?
Apapun yang anda temui di jurusan, jika anda benar-benar ingin menjadi anak teknik maka hadapilah itu karena anda telah memasuki tahap kedua setelah anda melihat kampus mana yang terbaik dan memiliki jurusan teknik yang anda inginkan. Disarankan jika anda ingin memilih jurusan, maka masuklah ke jurusan yang sesuai dengan hoby anda atau dengan keahlian anda karena ini akan berpengaruh selama proses anda belajar dikampus. Jika anda memilih jurusan yang tidak anda sukai maka sudah dapat dipastikan hari-hari anda akan terasa dilalui secara “terpaksa”. Malahan anda direkomendasikan melihat daftar-daftar mata kuliah yang akan anda pelajari nanti agar anda tau mata kuliah apa saja yang mesti anda lalui.
3. Tips Kuliah Saat Proses Registrasi
Setelah meninjau semuanya dan semua terasa mantap untuk dilaksanakan anda tentunya harus melakukan registrasi untuk masuk di kampus yang anda inginkan sesuai dengan jurusan yang anda pilih. Registrasi ini terdiri dari pendaftaran, MOMB (Masa Orientasi Mahasiswa Baru), serta OSPEK jurusan. Semuanya harus anda laksanakan dan semua itu memang wajib untuk dijalani, untuk melalui ini anda disarankan menyediakan tenaga ekstra karena kegiatan-kegiatan yang dijalankan selama masa registrasi terasa begitu melelahkan. Biasanya, disetiap kegiatan registrasi dilakukan secara berulang-ulang sampai semuanya terasa sempurna, disarankan pada masa ini anda jangan tidur telat apalagi menghabiskan malam anda bermain kartu sambil dihukum berdiri selama beberapa jam. Ketahuilah biasanya kegiatan ini mewajibkan anda untuk datang ke kampus waktu setelah subuh dan pulang biasanya sore hingga menjelang manghrib. Untuk itu selama masa registrasi simpan baik-baik tenaga anda ya.. [sc name=”Iklan teknik sesuai konten”]
4. Tips Kuliah pada Hari pertama Study
Hari pertama kuliah memang menyenangkan karena di semester pertama anda masih mengontrak mata kuliah umum dan masih sedikit mata kuliah yang anda kontrak mengenai mata kuliah jurusan, mengenai system kontrak mata kuliah, kampus menggunakan system SKS (Satuan Kredit Semester) dimana SKS ini merupakan hitungan jam belajar anda dikampus, 1 SKS sama dengan 1 jam mata kuliah.
Baca juga :   Hal yang paling membuat stress mahasiswa Fakultas Teknik
SKS ini berbeda-beda setiap semester misalnya semester 1 anda harus menyelesaikan 24 SKS dan misalnya 24 SKS itu terdiri dari 8 mata kuliah dan keseluruhannya terdiri dari 3 SKS maka jika anda giat, rajin, semangat dan dapat menyelesaikan 24 SKS maka semester kedua anda akan diberikan 24 SKS lagi untuk mengontrak mata kuliah, untuk jumlah keseluruhan mata kuliah yang dijalani oleh S1 biasanya kisaran SKS nya mencapai 144-160 SKS dan untuk D3 mencapai 110-120 SKS.
5. Tips Kuliah pada Pertengahan Study
[sc name=”iklan umum terbaik 300 x 250 float left”]
Hari-hari telah berlalu setiap semestes pun telah dilalui, sudah tak terhitung lagi berapa mata kuliah yang “ERROR” dan sudah tidak tau lagi berapa yang mesti “DI KONTRAK”, rasa malas melanda, tugas diabaikan bahkan anda mungkin terasa jenuh dengan hari-hari anda dan juga, bahkan mungkin anda bertanya di dalam hati “APAKAH SAYA SALAH MASUK JURUSAN?” dilain sisi kadang dosen terasa cuek saat anda tidak mengerjakan tugas anda, berbeda dengan guru yang semenjak SMA selalu menagih tugas jika anda tidak mengerjakan tugas, semua itu dikarenakan kelulusan anda adalah tanggung jawab anda sepenuhnya, dosen hanya melaksanakan tugasnya yaitu “MENGAJAR” dan “MEMBERI NILAI” sesuai dengan apa yang anda kerjakan.

1 comment

Leave a Reply