Cara Ampuh Basmi Rayap di dalam Rumah

Cara Ampuh Basmi Rayap di dalam Rumah

Keberadaan hewan – hewan di rumah biasanya menandakan rumah kotor. Seperti keberadaan tikus, kecoa, ataupun nyamuk. Namun tidak hanya itu, rumah yang terlihat bersih pun terkadang mengundang tamu berupa hewan – hewan pengganggu, seperti rayap.

Rayap seringkali datang ke dalam rumah yang memiliki banyak perabotan kayu. Atau juga rumah yang menggunakan interior dari kayu. Keberadaan rayap menjadi masalah tersendiri bagi sang pemilik rumah.

Cara Ampuh Basmi Rayap

Sebenarnya, serangan rayap di rumah dapat ditanggulangi dengan beberapa cara. Seperti membuat suasana rumah tidak lembab dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Suasana lembab di dalam rumah meningkatkan serangan rayap. Apalagi jika rumah dalam kondisi gelap, akan menyebabkan rayap betah tinggal di rumah.

Kerusakan – kerusakan pada pipa air, keramik, hingga dinding, juga mengundang datangnya rayap ke dalam rumah. Karena, lubang – lubang yang disebabkan oleh pipa, keramik, atau dinding yang rusak menyebabkan uap air masuk ke dalam rumah. Alhasil rumah menjadi lembab sehingga mengundang datangnya rayap.

Jika rayap sudah menghantui rumah, ada baiknya pemilik rumah melakukan pembasmian terhadap rayap – rayap ini. Pembasmian rayap bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa pembasmi rayap.

Membasmi rayap sendiri cukup mudah dilakukan, dapat menggunakan cairan – cairan kimia rumahan yang dicampurkan dengan air. Kemudian menyemprotkan atau menuangkannya ke sarang rayap. Namun jika tidak berhasil, bisa menggunakan jasa pembasmi rayap.

Jasa Pembasmi Rayap

Di Indonesia, terutama di kota – kota besar sudah banyak layanan jasa pembasmi rayap. Seperti pembasmi rayap Surabaya, pembasmi rayap Jakarta, dan lainnya. Jasa pembasmi rayap biasa juga disebut dengan pest control.

Dimana, biasanya juga tidak hanya melayani basmi rayap saja, tapi juga serangga lainnya. Seperti pembasmi kecoa, nyamuk, kutu busuk, dan tikus. Jasa basmi rayap digunakan juga untuk mempermudah pencarian lokasi sarang rayap atau serangga lainnya.

Karena ketika melakukan pembasmian sendiri, cukup sulit menemukan sarang dari serangga – serangga tersebut. Jasa pembasmi biasanya menggunakan alat pendeteksi sarang rayap, seperti termatrac sensor. Yang mana alat ini mampu mendeteksi dan melacak keberadaan rayap dan hama lain di rumah.

Kelebihan alat ini tidak memerlukan penetrasi atau merusak kusen atau lantai kayu. Menggunakan sistem radar yang berfungsi mendeteksi pergerakan rayap secara menyeluruh. Sehingga bisa tetap sasaran dimana rayap – rayap ini bersarang.

Pengendalian Rayap pada Bangunan

Jasa basmi rayap biasanya juga menyediakan layanan pada rumah maupun bangunan rumah yang belum jadi. Seperti halnya pembasmi rayap Surabaya yang menyediakan jasa penyemprotan bangunan yang sudah jadi maupun pra konstruksi. Dimana sekeliling pondasi akan disemprot dengan mesin bertekanan tinggi. Sehingga tidak memungkinkan rayap masuk ke celah pondasi bangunan.

Bahkan, jasa ini dapat memberikan garansi 3 – 5 tahun supaya rayap tidak datang kembali. Karena, rayap tidak berhenti makan selama 24 jam. Pagi, siang, malam, rayap dapat menjadi ancaman bagi rumah maupun perabotan di dalam rumah.

Bisa dibayangkan betapa mengerikannya kerusakan yang ditimbulkan rayap akibat aktivitasnya yang tanpa henti tersebut. Apalagi rayap hidup dengan cara berkoloni, sehingga sulit untuk menghentikan aktivitas mereka.

Pencegahan dan antisipasi kemunculan rayap dapat dilakukan. Untuk mencegah serta meminimalisir datangnya rayap. Karena tidak hanya pada kayu, rayap juga dapat menyebabkan kerusakan pada lantai. Terutama rayap tanah atau jenis Coptotermes sp.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah atau bangunan untuk mencegah dan mengantisipasi sebelum rayap menyerang. Supaya rumah awet dan aman bebas rayap.

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020