dana desa
Foto: ngawikab.id

BLT Dana Desa Rp 300 Ribu

Posted on

Dampak COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia begitu terasa akibat terbatasnya kegiatan ekonomi. Hal ini juga sedikit banyak berimbas pada kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi terjadinya kesenjangan sosial, pemerintah mulai memberikan dana bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan.

BLT Dana Desa merupakan salah satu bansos yang dikeluarkan oleh pemerintah sejak 2020 kemarin dan berlanjut di tahun 2021. Namun, di tahun 2021 ini terdapat beberapa perubahan dalam hal besaran juga waktu pemberian BLT. Selengkapnya mengenai perubahan-perubahan tersebut dapat disimak sebagai berikut.

Besaran Nominal BLT dan Jangka Waktu Pemberian Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa adalah bagian dari bantuan sosial yang diusung oleh pemerintah untuk membantu perekonomian di masa pandemi dengan menargetkan para masyarakat miskin di desa. Adapun sumber dana untuk pemberian bantuan tersebut berasal dari Dana Desa.

Pada tahun 2020, besaran jumlah BLT Dana Desa yang diberikan adalah Rp 600.000 per bulannya dalam kurun waktu 3 bulan. Kemudian, di bulan keempat hingga kesembilan, jumlah bantuan berganti menjadi Rp 300.000 per bulan.

Leave a Reply