campuran beton

2 Cara mudah menentukan campuran beton berdasarkan mutu beton

Posted on
1. Memahami campuran beton
Di dalam dunia konstruksi, kita pasti akan mengenal istilah “Mutu beton“. Mutu beton merupakan kualitas beton yang menjadi kekuatan struktur bangunan yang dipadukan dengan tulangan baja untuk menahan beban konstruksi. Mutu beton sendiri terbuat berdasarkan campuran material yang di komposisikan berdasarkan takaran SNI yang sudah menjadi panduan oleh orang-orang yang terlibat dalam proyek konstruksi. Di dalam campuran beton, mutu beton dibagi berdasarkan takaran material yang dijadikan perbandingan campuran.

[sc name=”iklan umum link”] Dalam hal ini perpusteknik.com akan melampirkan beberapa data yang menyertakan campuran beton berdasarkan takaran material yang dapat membentuk mutu beton, data ini meliputi :

  1. Data SNI HSP untuk pekerjaan beton
  2. Data konversi berat jenis
2. Contoh perhitungan campuran beton berdasarkan mutu beton
Setelah memahami campuran dari beton dapat mempengaruhi mutu beton, perpusteknik.com akan mengajak anda untuk mencoba memperhitungkan bagaimana cara menentukan campuran beton dari mutu beton yang akan dicapai. Dalam hal ini perpusteknik.com akan melampirkan 1 data SNI HSP saja yang akan menjadi contoh fokus dalam perhitungan yaitu :
campuran beton
Diatas adalah tabel dari membuat 1 m3 untuk beton dengan mutu K225, maksud dari K225 adalah : beton tersebut memiliki kekuatan karakteristik yang mampu menahan beban sebesar 225 Kg/cm2. Untuk mencapai mutu tersebut, maka tabel SNI diatas menjadi acuan standar dalam menentukan campuran. Sekarang, dari data tersebut perpusteknik.com akan memperhitungkan perbandingan campurannya. Diketahui PC (Portland Cemen) memiliki takaran 371 Kg, dan PC merupakan agregat terhalus dibanding PB (Pasir Beton) dan KR (Kerikil). Untuk perhitungannya, perpusteknik.com akan menjadikan takaran dari PC yaitu 371 Kg menjadi nilai pembagi dari nilai PC, PB dan KR yaitu :

Leave a Reply