Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Need Help? Chat with us

8 Cara agar laptop tidak cepat panas

8 Cara agar laptop tidak cepat panas
Sukai dan Bagikan..

Pada saat anda bekerja mengelola file di laptop, mungkin anda merasa khawatir jika laptop anda cepat panas. Kekhawatiran ini biasanya dapat membuat anda merasa tidak nyaman di dalam bekerja. Untuk itu, pada topik kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana Cara agar laptop tidak cepat panas.

Cara agar laptop tidak cepat panas
1. Perhatikan tempat bekerja

Ini adalah langkah awal dari cara agar laptop tidak cepat panas. Dengan memperhatikan tempat bekerja, salah satunya adalah suhu ruangan, maka ini akan menjadi cara yang baik dan berjalan normal untuk menjaga laptop agar tidak cepat panas. Bahayanya, jika tempat anda bekerja, laptop langsung terkena cahaya sinar matahari, maka sudah dapat dipastikan laptop anda cepat panas bahkan bisa membuat komponen-komponen yang akan berada di dalam laptop cepat rusak. Untuk itu, sebisa mungkin carilah tempat yang sejuk bahkan yang ber-AC di dalam ruangan.

2. Menggunakan cooling pad

Cooling pad merupakan kipas pendingin laptop yang biasanya diletakan dibawah laptop untuk menyalurkan udara sehingga dapat meredam hawa panas yang ada di dalam laptop. Tetapi, di dalam penggunaan cooling pad, anda disarankan untuk selalu mengecek kebersihannya, karena jika tidak, ini akan membuat laptop anda kotor karena cooling pad yang sifatnya dapat menghisap debu.

3. Jangan terlalu menggunakan banyak aplikasi

Cara agar laptop tidak cepat panas selanjutnya adalah dengan mengontrol penggunaan aplikasi yang akan anda gunakan selama bekerja. Penggunaan aplikasi secara berlebihan dapat membuat processor, RAM dan komponen lainnya bekerja keras dalam memproses data.

4. Istirahatkan laptop

Tak ada salahnya jika memberikan istirahat pada laptop anda. Sebab, Jika laptop di paksa bekerja terus selama sehari penuh, hal ini akan membuat komponen-komponen di laptop terus bekerja dan akhirnya hal ini membuat laptop cepat panas dan dapat menurunkan kinerja laptop dimasa mendatang, bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat laptop anda cepat rusak.

5. Kurangi kecerahan layar

Cara agar laptop tidak cepat panas selanjutnya adalah, yaitu dengan mengurangi kecerahan layar. Sebab, jika laptop anda terlalu terang jelas ini akan membutuhkan konsumsi daya batrei terlalu banyak. Dan dari konsumsi daya batrei yang berlebihan akan membuat laptop anda cepat panas.

6. Mengecek kondisi Thermal Paste

Di setiap laptop, khususnya pada bagian atas Processor terdapat Thermal Paste atau Gel yang dapat berfungsi untuk menurunkan hawa panas akibat daya kerja processor saat anda menggunakan laptop. Pada saat anda pertama kali membeli laptop, biasanya gel ini kondisinya baik. Tetapi, jika sudah digunakan bertahun-tahun kondisinya sudah mengering. Untuk itu, anda disarankan untuk melakukan service kembali dengan meminta bantuan pada tukang service agar dapat mengoles kembali Thermal Paste pada bagian processor.

7. Jagalah kebersihan laptop

Debu bisanya akan masuk melalui lubang sirkulasi, dan anda disarankan untuk mengecek kebersihan laptop pada bagian dalam. Dengan menjaga kebersihan laptop juga merupakan salah satu cara agar laptop tidak cepat panas. Biasanya, debu di dalam laptop akan menghambat sirkulasi udara panas yang akan keluar melalu laptop. Untuk itu, lakukanlah pembongkaran sekali dalam setahun / beberapa tahun, lalu bersihkan debu yang sudah ada di dalam laptop.

8. Perhatikan umur laptop

Sudah berapa lama laptop anda digunakan ? Jika memang laptop anda sudah sangat lama, memang sudah wajar-wajar saja jika laptop anda cepat panas saat digunakan. Kinerja dari semua yang ada di dalam laptop memang akan menurun jika sudah bertahun-tahun digunakan. Untuk itu, cara terakhir dari cara agar laptop tidak cepat panas yaitu anda harus memikirkan kembali dan mempertimbangkan untuk mengambil laptop baru dengan meninjau 7 tips membeli laptop yang sangat disarankan.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
80 / 100 Skor SEO

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019 ~ By Rifan Engineering