CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Cara Membuat Kurva “S” pada Proyek Pembangunan

Posted on

Kurva S dalam Microsoft Excel adalah kurva yang biasa dibuat dalam proyek pembangunan, baik gedung, pondasi, atau proyek lain yang berkaitan dengan ilmu sipil dan konstruksi. Pembuatan kurva S sebetulnya agak rumit karena tak hanya melibatkan harga dan keterangan transaksi, tetapi juga bobot pekerjaan.

Mengapa kurva proyek pembangunan disebut sebagai kurva S? Proyek pembangunan yang baik adalah proyek yang sibuk hanya di pertengahan, dan santai di bagian awal dan akhir. Untuk itu, kurvanya membentuk seperti huruf S.

Sebagai bekal untuk memahami proses pembangunan, tentunya Anda ingin tahu bukan bagaimana pembentukan kurva S ini? Karena pembuatan tabel dan kurva ini pun cukup penting jika Anda ingin membangun rumah atau toko pribadi. Untuk itu, yuk berlatih cara membuat kurva S yang sederhana.

  1. Buat tabel rencana pembangunan

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Pertama-tama, buatlah tabel rencana pembangunan. Beri keterangan nama pekerjaan, harga, dan durasi pekerjaan. Cara menentukan durasi waktu pengerjaan adalah tergantung masing-masing pekerja proyek, dalam hal ini adalah kita.

  1. Hitung bobot harga

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Setelah itu, hitung bobot harga pada tabel yang ada di sebelah tabel harga. Rumus penghitungan bobot harga ini adalah harga pekerjaan dibagi harta total pekerjaan, dikali 100 %.

Dalam Microsoft Excel, Anda bisa menggunakan rumus yakni dengan menuliskan simbol = (sama dengan), kemudian klik tabel harga, dan tambahkan simbol * (untuk menunjukkan rumus perkalian), dan klik total harga. Kemudian, ketik simbol * yang diikuti dengan angka 100%. Contoh rumusnya adalah seperti ini =(D6/$D$12)*100, untuk bobot pekerjaan nomor satu.

  1. Menghitung rata-rata pekerjaan

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Usai mendapatkan bobot, kini saatnya menghitung rata-rata pekerjaan yang bisa dikerjakan perharinya. Caranya adalah dengan membagi bobot pekerjaan dengan durasi. Anda bisa menggunakan rumus Excel sebagai berikut:

Baca juga :   Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang jarang diketahui

= (kolom bobot pekerjaan) : kolom durasi, kemudian tekan enter. Copy dan paste rumus ini pada kolom-kolom di bagian hari yang ada di sebelah kanan.

Untuk rata-rata pekerjaan selesai tiap harinya di kolom pekerjaan lain, terapkan rumus yang sama ya.

  1. Menghitung jumlah pekerjaan yang selesai

CARA MEMBUAT KURVA “S” PADA PROYEK PEMBANGUNAN

Leave a Reply