CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel

Posted on

Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat membantu kita dalam membuat perencanaan keuangan atau mengatur pengeluaran. Selain itu, Microsoft Excel juga mempermudah kita untuk meminimalisir kesalahan penghitungan pada pendapatan atau pengeluaran kita. Pastinya sangat membantu Anda yang merasa kesulitan saat membuat laporan keuangan secara manual bukan?

Untuk itu, tak perlu lagi Anda membuat neraca keuangan manual yang membutuhkan ketelitian tinggi dan berpotensi menimbulkan kesalahan penghitungan. Anda bisa membuat neraca keuangan sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel. Bagaimanakah caranya?

  1. Buat tabel keuangan

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Pertama-tama, buatlah tabel keuangan yang terdiri atas nomor, tanggal transaksi, nama transaksi, debet, kredit, dan saldo. Anda bisa membuat variasi dari tabel keuangan ini sesuai dengan keinginan Anda, tetapi format tersebut yang paling ideal agar transaksi keuangan lebih jelas.

Untuk mempermudah Anda setiap kali ada transaksi (baik pendapatan maupun pengeluaran), catat langsung di Microsoft Excel. Hal ini dikarenakan data tersebut dapat disimpan di ponsel Anda atau disimpan secara daring di Google Drive, sehingga Anda bisa memasukkan transaksi Anda kapanpun dan di manapun.

  1. Masukkan rumus pada kolom saldo

CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Anda telah memasukkan setiap transaksi pemasukkan pada kolom debet, dan pengeluaran pada kolom kredit. Kini saatnya bagi Anda untuk menghitung saldo tersisa di tiap harinya dengan menggunakan rumus Excel. Kali ini, kita akan menggunakan gabungan rumus IF, SUM, dan OR. Seperti ini:

=IF(OR(D4<>0,E4<>0),SUM(D$4:D4)-SUM(E$4:E4),0)

D4 menunjukkan jumlah transaksi di kolom debet. Sementara itu, E4 menunjukkan transaksi di kolom kredit. Rumus ini hanya berlaku untuk contoh laporan keuangan seperti yang ada pada gambar di atas.

Leave a Reply