Cara membuat countdown time di wordpress dengan elementor

Cara membuat countdown time di wordpress dengan elementor

Umumnya, ada beberapa beberapa plugin yang sering digunakan untuk membuat countdown time (hitungan mundur) di wordpress, tak terkecuali dengan menggunakan plugin elementor anda dapat membuatnya dengan mudah di halaman konten blog / website anda.

Countdown time sendiri biasanya sering diperlukan untuk website yang memberikan promo terbatas pada produk penjualan barang fisik ataupun digital. Dengan adanya widget countdown time, pengunjung akan dapat mengetahui berapa lama lagi promo tersebut sudah tidak berlaku. Cara membuat countdown time di wordpress tergolong mudah dan cepat. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut :

Cara membuat countdown di wordpress dengan elementor

1. Pastikan plugin “elementor” dan “Essential Addons for Elementor (EA)” terinstall

Pastikan anda telah menginstall plugin “elementor” dan plugin “Essential Addons for Elementor” (EA) . Jika anda belum menginstallnya, maka install dahulu sampai status kedua plugin tersebut aktif.

cara membuat countdown time

Tujuan dari penginstallan plugin elementor adalah sebagai basic plugin dari plugin EA, dan plugin EA sendiri merupakan sekumpulan Addons/fitur lebih banyak untuk paket plugin elementor. Anda bisa saja membuat langsung countdown time di plugin elementor tanpa harus menginstall plugin EA, tetapi anda harus mengupgrade elementor anda ke versi pro. Untuk itu, gunakan plugin EA jika anda belum bisa mengupgrade plugin elementor ke versi PRO.

2. Buat pos baru dengan mode elementor

Setelah anda memastikan plugin Elementor dan EA telah terinstall, maka sudah saatnya mempraktekannya dengan mulai membuat pos baru. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

cara membuat countdown time

— 2.1. Pilih pos, kemudian pilih “tambah baru”

— 2.2. Buat nama pos, contoh di panduan ini adalah “Tes countdown”

— 2.3.Setelah itu, klik “Edit with elementor”, tunggu beberapa saat maka anda akan di alihkan ke cutom post elementor

Baca juga :   2 Cara install plugin wordpress, Lengkap dengan gambar !!
3. Meletakkan widget countdown time

Setelah anda masuk ke custom post elementor, maka sudah saatnya anda meletakkan widget countdown time dengan langkah-langkah berikut :

cara membuat countdown time

— 3.1. Di tab elementor, pastikan anda berada pada pilihan “Essential addons”

— 3.2. Setelah itu, pilih “EA countdown”

— 3.3. Klik “EA countdown” dan tahan klik, kemudian arahkan pada bagian kosong segment konten blog

— 3.4. Selamat, anda telah berhasil memasang countdown time di blog dengan plugin elementor.

4. Setting countdown

Setelah anda meletakkan widget countdown time di posting blog wordpress, jangan lupa lakukan pengaturan agar countdown time (hitungan mundur) sudah sesuai dengan kehendak anda. Untuk itu, lihatlah contoh dibawah ini tentang bagaimana langkah-langkah melakukan pengaturannya.

cara membuat countdown time

— 4.1. Pada sub-tab content, aturlah waktu pada bagian “timer settings”

— 4.2. Beri tanda pada tanggal berapa countdown time akan berakhir pada kalender yang ditampilkan, contoh pada panduan ini adalah tanggal 29/02/2020

— 4.3. Jangan lupa juga untuk mengubah waktu jam dan menit pada bagian bawah kalender yang di tampilkan.

— 4.4. Setelah anda mengaturnya, maka dengan otomatis perhitungan waktu dari countdown time akan menyesuaikan dengan pengaturan yang telah anda buat.

— 4.5. Selain mengatur waktu berakhir pada countdown time, anda juga bisa merubah style dari tampilan countdown time pada sub-tab “style” dengan tujuan untuk merubah warna background, spasi antar angka yang tampil, warna angka, warna atribut dan lain-lain.

— 4.6. Selain sub-tab “style”, ada juga sub-tab “advanced” yang menjadikan anda lebih leluasa mengatur countdown time yang tampil dengan tingkat lanjut, seperti :

  1. Memberikan margin dan padding pada element countdown time
  2. Memberikan animasi pada countdown time dengan motion effects
  3. Mengatur posisi countdown time
  4. Mengatur visibilitas antar perangkat
  5. Dll.
Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020