Panduan Membuat Infografis Bagi Pemula

Panduan Membuat Infografis Bagi Pemula

Posted on

Infografis adalah salah satu alternatif penyajian informasi yang dikemas dalam bentuk visual dan mudah untuk dibaca oleh siapapun. Infografis adalah representasi visual dari informasi, data atau ilmu pengetahuan. Bagi orang yang masih dibilang pemula dalam desain infografis, terkadang susah untuk membuat sebuah desain infografis yang menarik dikarenakan hambatan kemampuan menggunakan aplikasi desain, dan lainnya. Akan tetapi, dengan beberapa langkah-langkah di bawah ini, kamu akan dapat membuat infografis dengan mudah tanpa perlu takut lagi.

  1. Memilih tema

Pertama, kamu dapat memilih tema yang merupakan sebuah isu besar, atau masalah yang sedang terjadi pada saat itu. Misalnya saja tema mengenai isu kerusakan lingkungan, atau data-data mengenai fakta korupsi di Indonesia. Fungsi utama dari infografis adalah agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh orang yang membacanya.

  1. Riset data

Penelitian mendalam mengenai tema yang kamu angkat adalah hal utama dalam pembuatan infografis. Kamu tidak bisa hanya sekedar memberikan argumen, tanpa menyantumkan data yang valid. Hal ini dikarenakan inti dari infografis adalah fakta-fakta yang dikemas secara menarik.

Misalnya kamu akan membuat infografis mengenai pengguna narkoba di Indonesia. Tentu saja, data jumlah pengguna narkoba tidak bisa dengan sembarangan dituliskan. Dibutuhkan riset (pencarian data) dari buku-buku, jurnal, dan artikel yang ada di internet maupun perpustakaan terkait pembahasan tersebut.

  1. Pengumpulan data pendukung

Jika kamu sudah melakukan riset mendasar bagi infografis tersebut, maka kumpulkan data berdasarkan kebutuhan kamu. Saringlah data yang penting dengan yang kurang penting untuk mendukung tema infografis kamu. Setelah itu, kamu dapat mengelompokkan data-data tersebut agar lebih mudah untuk memilahnya.

Contohnya adalah jika kamu akan membuat infografis mengenai peningkatan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Data mengenai jenis pekerjaan setiap warga bukan menjadi data yang dibutuhkan dalam infografis tersebut. Data yang dibutuhkan seperti jumlah penduduk di Indonesia, dampak dari peningkatan pertumbuhan jumlah penduduk, dan lainnya.

Leave a Reply