Cara Penggunaan Canva.com untuk Membuat Infografis

Cara Penggunaan Canva.com untuk Membuat Infografis

Posted on

Software desain seperti Photoshop, Corel Draw, dan sejenisnya merupakan software yang sering digunakan oleh designer untuk membuat berbagai design poster, presentasi, dan khususnya infografis sebagai kebutuhan pekerjaan hingga hobi semata. Bagi para pemula, tersedia banyak aplikasi pembuat infografis yang mudah untuk digunakan. Salah satu aplikasi yang terkenal untuk membuat infografis pada pemula adalah Canva.com. Agar kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut secara mudah tanpa ada kebingungan, yuk perhatikan cara-cara penggunaannya!

  1. Daftarkan akun kamu di Canva

Pertama-tama, buka laman web Canva di www.canva.com. Kemudian, daftarkan akun pribadi kamu. Cara mendaftarnya pun sangatlah mudah dan cepat, yaitu cukup lampirkan alamat email dan password kamu.

  1. Masuk ke dashboard Canva

Setelah kamu sign up diakun Canva, kamu akan langsung terkoneksi ke dashboard Canva. Di dalamnya telah tersedia berbagai macam tipe desain sesuai kebutuhan kamu. Mulai dari desain untuk presentasi, blog, poster, infografis, hingga kartu nama.

  1. Pilih design untuk infografis

Jika kamu akan membuat infografis menggunakan Canva, pilih menu desain yang bertuliskan “Infographic”. Setelah kamu klik, laman akan langsung tersambungkan ke laman khusus desain infografis kamu. Menarik dan praktis, bukan?

  1. Pilih template infografis yang diinginkan

Ketika kamu sudah dihadapkan pada laman khusus desain infografis, kamu dapat memulai dengan memilih tema infografis yang diinginkan. Tema yang sudah tersedia di Canva biasanya disesuaikan dengan kebutuhan informasi dari infografis tersebut. Contohnya adalah tema mengenai data infografis tingkat pertumbuhan ekonomi, infografis pentingnya literasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tema yang disediakan tidak semua bersifat gratis. Bagi beberapa tema, diperlukan biaya tertentu namun tidak terlalu mahal kok.

  1. Edit foto sesuai keinginan
Baca juga :   6 Startup yang Mengubah Dunia

Kamu dapat memasukkan foto tertentu dalam template infografismu. Tersedia juga berbagai menu lain, seperti “Shapes” yang memberikan berbagai bentuk mulai dari lingkaran, persegi, segitiga, dan lainnya. Kamu dapat dengan mudah mengambil desain yang ada, caranya adalah men-drag (memindahkan) ikon yang disediakan ke dalam template dari desainmu.

  1. Edit jenis huruf, warna, garis, dan lainnya sesuai kebutuhan

Kamu dapat mengganti jenis dan ukuran huruf yang tersedia di tab menu berjudul “Text”. Terdapat puluhan jenis huruf sesuai kebutuhanmu. Misalkan kamu ingin membuat judul yang berukuran besar, kamu dapat memilih pilihan ukuran teks dengan klik “Add heading”. Dalam tab menu “Background” pun kamu dapat dengan bebas mengganti warna serta pola latar belakang dari desain infografismu.

  1. Download hasil infografis ke dalam format yang dibutuhkan

Setelah kamu selesai mendesain dan mengedit infografismu, maka kamu dapat langsung men-download infografis tersebut. Caranya adalah klik menu “Download”. Kemudian, pilih tipe berkas yang kamu butuhkan, misalnya JPG/ PNG/ PDF. Selanjutnya, klik “Download” yang berwarna hijau. Infografis kamu pun sudah siap dipakai!

Leave a Reply