Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Baru !! lihat jasa yang ditawarkan di menu >> jasa >> pilih jasa yang diinginkan

Informasi Terbaru : Tinjau Catatan Penting melalui menu "Tentang Web > Catatan Penting !!" untuk meninjau segala aktifitas baru/perubahan yang dilakukan di website ini beradasarkan tanggal kejadian..

Need Help? Chat with us

6 Pengalaman kerja yang dibutuhkan di perusahaan konstruksi

6 Pengalaman kerja yang dibutuhkan di perusahaan konstruksi
Sukai dan Bagikan..

Setiap perusahaan yang didirikan biasanya mensyaratkan pelamar kerja minimal memiliki pengalaman sesuai dengan bidang lowongan kerja yang telah dibuka. Begitupun dengan perusahaan konstruksi, ada beberapa pengalaman kerja yang dibutuhkan di perusahaan konstruksi.

Kali ini perpusteknik.com akan membahas pengalaman kerja apa saja yang sangat dibutuhkan di perusahaan konstruksi. pengalaman kerja konstruksi ini meliputi :

1. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Pelaksana Lapangan
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Pelaksana lapangan merupakan seseorang yang berperan penting di dalam mengatur pekerjaan yang sedang berlangsug di lapangan. Seseorang yang memiliki pengalaman kerja menjadi pelaksana lapangan dianggap mampu mengatur, mengarahkan dan membimbing tukang/pekerja di dalam mengerjakan item pekerjaan sesuai dengan “gambar kerja” dan “Rencana anggaran pelaksanaan”. Selain itu, pelaksana lapangan juga merupakan seseorang yang dianggap mampu mengontrol secara real time aktifitas di lapangan.

Pengontrolan dilapangan yang dikerjakan oleh pelaksana menjadi acuan dasar untuk diserahkan kepada pihak perusahaan konstruksi khususnya untuk pihak kontraktor. Misalnya dalam pengontrolan yang dilakukan oleh pelaksana, tedapat perubahan-perubahan yang harus dibuat dan harus diolah langsung ke bagian administrasi.

2. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Administrasi
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Administrasi merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumentasi, laporan, surat-surat dan data-data lainnya yang digunakan untuk mengarahkan kegiatan kerja serta menyesuaikan dengan kondisi di lapangan proyek agar terjadi sinkronisasi yang baik antara bagian kantor dan lapangan.

Memiliki pengalaman kerja sebagai administrasi merupakan peluang besar bagi seseorang yang ingin masuk di perusahaan konstruksi, karena setiap proyek konstruksi pasti dan selalu berurusan dengan administrasi. mulai dari : penginputan data – data proyek ke komputer, pengurusan dokumentasi surat jalan, pembuatan laporan absensi, memproses data laporan harian, mingguan dan bulanan dan lain-lain.

3. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Project Manager
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Jabatan project manager merupakan jabatan terbesar kedua setelah direktur / pemilik perusahaan konstruksi. Seseorang yang memiliki pengalaman kerja menjadi project manager adalah seseorang yang selalu memiliki kantong tebal. bagaimana tidak, gaji seorang project manager bisa mencapai 10 – 25 juta /bulan, bahkan bisa lebih daripada itu tergantung dari seberapa rumit dan besarnya proyek yang di tangani.

Pengalaman kerja yang dibutuhkan di perusahaan konstruksi sebagai project manager memang paling dibutuhkan, karena Project Manager memegang peran vital dalam pelaksanaan proyek konstruksi, selain itu butuh keahlian khusus dan pengalaman minimal 5 tahun untuk menduduki jabatan Project Manager. bagaimana tidak, tanggung jawab Project Manager begitu besar yaitu meliputi :

  1. Mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi
  2. Memberikan solusi dan tindak lanjut ketika terjadi permasalahan di lapangan
  3. Mampu mengontrol pekerjaan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan
  4. Membuat RMK (Rencana Mutu Kontrak), yaitu berupa strategi penanganan pekerjaan hingga pekerjaan itu selesai
  5. Membuat dan mengontrol schedule pelaksanaan agar tidak terjadi minus yang bisa menjadi salah satu faktor pemutusan kontrak dan denda disebabkan keterlambatan pekerjaan.
  6. Mencari dan melakukan kesepakatan kerja dengan subkon/pemborong di dalam menjalin kerjasama untuk memborong pekerjaan.
4. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Site Engineer
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Site Engineer merupakan bawahan dari project manager, posisi Site Engineer di dalam perusahaan konstruksi dibutuhkan apabila proyek yang ditangani sudah berskala besar, misalnya untuk penanganan : gedung bertingkat banyak, jalan layang, jembatan diatas laut, bendungan raksasa dan proyek-proyek besar lainnya. Secara garis besar, apabila proyek yang di tangani sudah berskala besar, maka organisasi proyek juga memiliki cabang yang sangat banyak. Dari cabang proyek inilah dibutuhkan Site Engineer untuk meringankan kerja Project Manager serta menjalankan program kerja yang telah dibuat oleh Project Manager dengan baik.

5. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Drafter
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Tugas dari seorang drafter adalah membuat “gambar kerja” yang akan dijadikan acuan untuk mengarahkan tukang bekerja di lapangan. Ketahuilah tugas drafter ada beberapa macam yaitu :

  1. Membuat gambar rencana
  2. Membuat shop drawing
  3. Membuat as built drawing

Jika anda seorang drafter dan memiliki pengalaman di dalam proyek konstruksi, dan apabila anda masuk di perusahaan khususnya di “konsultan perencana“, maka tugas anda adalah membuat “Gambar rencana”. Sedangkan apabila anda bekerja di perusahaan “kontraktor pelaksana“, maka tugas anda adalah membuat “Shop drawing” dan “As built drawing“.

6. Pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk menjadi Quantity Estimator
pengalaman kerja yang dibutuhkan

Jika anda memiliki pengalaman sebagai Quantity Estimator, kemungkinan besar anda adalah orang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi. Bagaimana tidak, setiap gambar kerja yang telah digambar maka harus dilakukan perhitungan kuantitas untuk dapat mengetahui anggaran yang diperlukan, sehingga pengontrolan terjadinya pembengkakan anggaran yang menyebabkan proyek macet nantinya dapat di antisipasi.

Quantity Estimator memiliki tanggung jawab yang besar di dalam mengontrol berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan di dalam pembangunan. Seorang Quantity Estimator haruslah memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi saat menghitung, dan harus mengetahui dengan pasti item – item yang seharusnya diadakan dan dipakai dalam sebuah proyek.

Penutup

Pengalaman kerja yang dijelaskan diatas adalah pengalaman umum yang dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi. Masih ada banyak lagi posisi/jabatan yang mensyaratkan pengalaman khusus, tergantung dari pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di bidang konstruksi. Untuk itu, kira-kira pengalaman apa nih yang sudah anda miliki untuk mendaftar di perusahaan konstruksi? ^_^ jawab di kolom komentar ya….

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
87 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019