7 Tips berkendara aman saat libur tahun baru

7 Tips berkendara aman saat libur tahun baru

Tips berkendara aman saat libur tahun baru ini akan memberikan panduan kepada anda tentang bagaimana cara berkendara dalam menghadapi libur tahun baru yang dimana kondisi jalannya kurang kondusif dan biasanya menyebabkan kemacetan yang panjang.

7 Tips berkendara aman saat libur tahun baru

1. Periksalah sejauh mana kesiapan anda

Kesiapan merupakan langkah awal pada tips berkendara aman saat libur tahun baru tiba. Kesiapan anda dalam melakukan perjalanan yang cukup panjang untuk menikmati liburan tahun baru ini dapat menjamin keamanan dan kenyamanan anda saat berkendara. Anda tidak disarankan melakukan perjalanan jika anda melakukannya dalam keadaan terpaksa dan terburu-buru. Tentukanlah tanggal perjalanan anda dengan baik dan susunlah rencana liburan anda sebaik mungkin, serta susun juga rencana cadangan jika rencana utama gagal dilaksanakan.

2. Pastikan kendaraan sudah di service dengan benar

Pada tips berkendara aman saat libur tahun baru selanjutnya adalah dengan menjamin kendaraan yang akan anda gunakan sudah di service dengan benar, jangan sampai tekanan angin di ban kurang sehingga mengurangi kestabilan kendaraan saat dalam perjalanan, mengantisipasi kendaraan mengalami oli bocor atau meninjau dan mencegah secara detail kendaraan anda mengalami rem blong yang dapat menyebabkan kecelakaan serta kerusakan kendaraan lainnya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dalam perjalanan.

3. Perhatikan barang bawaan dan peralatan keamanan

Hal yang mesti diperhatikan selanjutnya adalah dengan memperhatikan barang bawaan serta alat pengaman. Anda disarankan membawa barang bawaan yang diperlukan saja dan tidak melebihi kapasitas beban yang dapat di tampung oleh kendaraan yang sedang anda bawa berdasarkan daya angkut maksimal pada mobil.

4. Pastikan berkendara dalam kondisi yang baik

Hal ini juga menjadi perhatian yang sangat penting di dalam tips berkendara aman saat libur tahun baru karena ramainya kepadatan lalu lintas dalam merayakan tahun baru, dan hal ini juga selalu ada pada buku panduan pengguna kendaraan yang dimana menyarankan anda menyetir tidak dalam keadaan mabuk atau mengantuk serta dalam pengaruh obat obatan. Disisi lain di dalam berkendara juga anda disarankan fokus dalam memperhatikan jalan yang sedang anda tempuh, jangan menggunakan Handphone ketika berkendara dan jelas ini akan mengurangi konsentrasi anda ketika berkendara.

Baca juga :   3 Penyebab Dinding Bangunan Retak
5. Memilih rute perjalanan terbaik

Memilih rute perjalanan terbaik merupakan pilihan bijak di dalam berkendara. Rute perjalanan terbaik dapat anda cek di google maps dengan menampilkan lokasi sekarang dan lokasi tujuan yang ingin anda tempuh serta menampilkan waktu yang diprediksi sampai ke kota tujuan berdasarkan jenis kendaraan yang anda naiki. Walaupun demikian, anda juga di sarankan untuk mencari informasi terbaru mengenai kondisi lalu lintas dimedia lainnya untuk menghindari kemacetan.

6. Selalu pastikan kelengkapan surat surat

Tips berkendara aman saat libur tahun baru juga tidak lepas dari memastikan kelengkapan surat surat yang anda bawa dalam perjalanan. Sebab, hal yang tidak dapat di duga juga mungkin ada beberapa rute jalan yang anda tempuh sedang menjalankan pemeriksaan kelengkapan surat berkendara seperti SIM, STNK, serta surat jalan jika anda melewati perbatasan wilayah.

7. Siap menghadapi kondisi yang tak terduga

Walaupun anda sudah menjalankan tips berkendara aman saat libur tahun baru dengan sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tak terduga, tetapi hal tersebut belum menjamin sepenuhnya kenyamanan anda dalam berkendara. Dalam hal ini, anda disarankan untuk siap menghadapi kondisi yang tak terduga dengan membawa kotak P3K serta menjamin airbug dalam kondisi baik untuk mengantisipasi tabrakan keras dalam melindungi daerah vital seperti kepala, leher dan dada.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020