4 Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

4 Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan di dalam ataupun di luar ruangan terkadang terasa dapat menciptakan suasana yang berbeda berdasarkan warna, intensitas cahaya dan suhu yang dihasilkan dari jenis lampu yang digunakan. Walaupun pada umumnya sudah banyak masyarakat luas yang menggunakan lampu sebagai pencahayaan, beberapa orang kurang menyadari jenis lampu yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kondisi yang yang berbeda. untuk itu, pada topik kali ini perpusteknik.com akan membahas mengenai 4 jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan.

4 Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

1. Lampu LED (Light Emited diode)
Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

Lampu LED merupakan lampu berteknologi canggih yang semakin disempurnakan dalam mendapatkan cahaya sebagai penerangan. Bagaimana tidak, cahaya 1 buah lampu LED dapat disetarakan dengan 8 cahaya lampu pijar bahkan lebih tergantung dari intesitas cahaya yang dimiliki lampu LED. Selain itu juga, teknologi dari LED ini dapat di program dan di kontrol melalui fitur canggih dalam menciptakan pencahayaan berkelanjutan. Penggunaan lampu LED ini sangat cocok digunakan di dalam ruangan yang butuh penerangan lebih tetapi juga mengharapkan penghematan daya listrik yang dapat menghemat listrik dalam kisaran 80% – 90%.

Kebanyakan pemilik rumah lebih memilih lampu LED sebagai jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan di dalam maupun di luar ruangan karena lampu LED juga menghasilkan suhu yang lebih rendah dibandingkan jenis lampu lainnya sehingga menghasilkan suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan juga lampu LED menghasilkan cahaya yang halus sehingga menciptakan suasana yang nyaman serta menenangkan di dalam maupun di luar ruangan. Disisi lain, lampu LED memiliki umur yang sangat panjang yang bisa mencapai hingga 50 ribu jam lamanya atau setara dengan 5 tahun bahkan lebih.

Baca juga :   Pengertian dan jenis-jenis paving block
2. Lampu neon
Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

Dalam istilah lain, lampu neon disebut juga dengan istilah lampu TL (Tube Luminescent). Bentuk dari lampu neon ini bentuknya seperti tabung yang memanjang yang tersedia dengan berbagai macam ukuran.

Lampu neon merupakan jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan karena memiliki keunggulan yang hampir sama dengan lampu LED yaitu mengehemat pemakaian konsumsi listrik dan menghasilkan panas suhu yang begitu rendah. Walaupun kebanyakan pemilik rumah lebih memilih lampu LED tetapi perpaduan antara lampu LED dan lampu neon dapat menambah nilai seni dari segi arsitektur pada bangunan. Pemakaian lampu neon pada rumah tinggal mungkin sudah jarang ditemui tetapi pada bangunan-bangunan lainnya lampu neon masih menjadi prioritas dalam pencahayaan ruangan, seperti pada : pertokoan, rumah makan, museum, pabrik industri, rumah sakit, perkantoran dan bangunan lainnya.

3. Lampu pijar
Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan juga tak lepas dari lampu pijar. Penggunaan lampu pijar sangat cocok bagi anda yang ingin ruangan di dalam rumah menjadi hangat karena kesan warnanya yang kuning yang membuat suhu ruangan menjadi naik atau hanya memerlukan cahaya yang tidak terlalu terang. Biasanya, penggunaan lampu pijar sangat tepat bagi anda yang memiliki peternakan ayam yang baru menetas untuk menjaga anak ayam tidak mati kedinginan.

Lampu pijar merupakan lampu yang tergolong murah, tetapi perbandingan cahaya yang dihasilkan dari konsumsi listrik dibanding lampu LED dan lampu neon begitu boros. Energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan cahaya hanya berkisar 10% dan sisanya memancar sebagai energi panas. Selain itu, jenis lampu ini sensitif terhadap tegangan dan mudah rusak jika menghadapi kesalahan instalasi. Tetapi, walaupun demikian lampu pijar ini hanya membutuhkan peralatan sederhana dalam proses instalasi.

Baca juga :   Fungsi bekisting pada pengecoran beton
4. Lampu halogen
Jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan

Mungkin, sebagian orang belum mengetahui apa itu lampu halogen karena memang kebanyakan masyarakat luas hanya sering mendengar istilah lampu LED, lampu neon ataupun lampu pijar. Tetapi lampu halogen juga merupakan jenis lampu yang sering dipakai untuk pencahayaan yang dimana pengunaannya sering dipakai dalam bidang otomotif pada kendaraan mobil ataupun motor.

Penggunaan lampu halogen umumnya sudah menjadi standarisasi lampu penerangan utama pada mobil dan motor karena menghasilkan cahaya yang lebih terang dan lebih awet jika dibandingkan dengan lampu biasa. Begitu terangnya lampu halogen, jenis lampu ini lebih di dominasi untuk penerangan luar ruangan. Karena selain penggunaannya dijadikan standar pencahayaan pada kendaraan mobil ataupun motor, lampu ini juga dipakai sebagai lampu sorot untuk menerangi ruang tertentu. Konsumsi listrik untuk penggunaan lampu halogen umumnya tergolong sangat boros dan disisi lainpun menghasilkan suhu yang bagitu panas maka ini akan menjadi pertimbangan dalam pemakaian jangka panjang.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020