Sumur Resapan dari Buis

Manfaat dan Cara Membuat Sumur Resapan dari Buis Beton

Posted on

Air adalah salah satu kebutuhan vital bagi manusia. Air menjadi salah satu produk yang diperjual belikan di zaman modern ini. Hal ini dikarenakan begitu pentingnya fungsi dan kedudukan air. Namun tahukah Kamu bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini berefek pada menurunnya kualitas air? Penurunan kualitas air terutama yang terkandung dalam tanah terjadi karena berkurangnya area resapan yang pembangunannya kurang terencana.

Selain itu bisa juga efek dari erosi, abrasi, banjir hingga kemarau berkepanjangan. Kondisi tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja. Demi memperbaiki kualitas air tanah harus ada upaya untuk mencari jalan keluar. Usaha perbaikan ini bisa dimulai dari lingkungan rumah dimana Kamu tinggal. Salah satu caranya dengan membuat sumur resapan.

Bangunan sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air yang bentuknya seperti sumur biasa tapi bukan untuk mengambil air. Yang ada justru kebalikannya, sumur resapan berfungsi untuk menyerap air lalu meresapkannya ke dalam tanah. Daerah paling cocok untuk menerapkan sumur resapan adalah komple, pertokoan, perkantoran, maupun fasilitas publik yang lain.

Prinsip kerja sumur resapan secara sederhana yaitu menyimpan air hujan (untuk sementara) dalam lubang yang sengaja dibuat. Selanjutnya air tampungan akan masuk ke dalam tanah sebagai infiltrasi (air resapan).

Adapun fungsi utamanya adalah untuk menyimpan cadangan air. Sehingga ketika datang musim kemarau pasokan air yang menjadi kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi. Namun cadangan air ini tidak bisa diambil secara langsung. Melainkan melalui sumur lain yang berada di sekitar sumur resapan tersebut.

Baca juga: Fungsi rabat beton

Manfaat Sumur Resapan dari Buis Beton

Buis Beton
Sumber: instagram @barokahboyolali

Manfaat dari pembuatan dan penggunaan sumur resapan cukup banyak. Diantaranya:

1. Mengurangi resiko genangan air dan banjir

Dengan mengurangi aliran air yang ada dipermukaan tanah maka resiko terjadinya genangan bahkan banjir bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

2. Menghindari sedimentasi dan erosi

Karena tidak ada genangan, banjir, maupun air yang mengalir, maka proses terjadinya sedimentasi dan erosi juga bisa dihindari.

3. Menahan resapan air laut

Jika dibuat di sekitar daerah pantai atau laut, sumur resapan juga bisa menahan resapan air laut tersebut agar tidak meresap ke dalam tanah yang mengandung air mineral biasa. Sehingga bisa dikonsumsi dengan aman karena tidak mengandung garam yang tinggi.

4. Mengurangi resiko pencemaran sekaligus mencegah adanya land subsidence

Jika dibuat di sekitar pabrik dan tempat lain yang menghasilkan limbah cair, sumur resapan bisa mengurangi resiko terjadinya pencemaran air dalam tanah. Selain itu sumur ini juga mempunyai kemampuan mempertahankan permukaan air di dalam tanah sekaligus mencegah adanya proses penurunan atau land subsidence.

5. Meminimalisir terjadinya intrusi air laut pada area tepi pantai

Adanya sumur resapan dapat membantu area pemukiman disekitar sumur tidak terganggu.

6. Sebagai metode konservasi air tanah

Sumur resapan sangat membantu dalam konservasi tanah yang efektif untuk mengatasi ancaman kekeringan.

7. Meningkatkan kualitas hidup warga secara keseluruhan

Peningkatan kualitas hidup warga secara keseluruhan dapat dibekali dengan sumur resapan pada setiap pemukiman. Hal ini dikarenakan ketersediaan air akan tercukupi, jarang terjadi banjir, dan mendapatkan kualitas air tanah yang baik.

Cara Membuat Sumur Resapan dari Buis Beton

Sumur Resapan dari Buis
Sumber: instagram @sumurborsurabayasidoarjo

Leave a Reply