Pengertian dan fungsi rabat beton

Posted on
Pengertian dan fungsi rabat beton memiliki 2 makna yang berbeda dimana menyangkut tentang pemahaman apa sebenarnya rabat beton itu ? dan apa juga fungsinya dibidang konstruksi ?. Sebagian orang yang telah berpengalaman dibidang konstruksi pasti sudah mengetahui secara jelas dan paham tentang rabat beton beserta mutu yang seharusnya dipakai dalam pekerjaan konstruksi sesuai kondisi pemakaian rabat beton, tetapi mungkin jika anda awam mengenai rabat beton, perpusteknik.com akan membahasnya secara detail pada topik kali ini menyangkut pengertian dan fungsi rabat beton.
1. Pengertian rabat beton
Secara teknis, pengertian dari rabat beton merupakan komposisi bahan campuran yang terdiri dari perbandingan campuran agregat semen, pasir, kerikil dan air sehingga menghasilkan mutu yang disebut dengan “mutu beton”. Berdasarkan campuran mutu beton, hal ini sudah dijelaskan pada campuran beton berdasarkan mutu beton. Untuk rabat beton sendiri biasanya digunakan pada proyek pembangunan gedung ataupun proyek perkerasan jalan yang dimana mutu betonnya sudah diatur pada spesifikasi teknis sebagai pedoman kerja dalam proyek konstruksi. Mengacu pada dokumen SNI 7394:2008 yang sudah menjadi acuan dalam takaran pelaksanaan pengecoran mutu beton, kesetaraan mutu beton disajikan pada tabel berikut :
Mutu beton K (Kg/cm2) Mutu beton f’c (MPa)
K-100 7.4 MPa
K-125 9.8 MPa
K-150 12.2 MPa
K-175 14.5 MPa
K-200 16.9 MPa
K-225 19.3 MPa
K-250 21.7 MPa
K-275 24 MPa
K-300 26.4 MPa
K-325 28.8 MPa
K-350 31.2 MPa
2. Fungsi rabat beton pada gedung
fungsi rabat beton
Fungsi rabat beton pertama adalah pada komponen gedung, yang dimana biasanya pada pekerjaan rabat beton pada gedung memiliki kualitas rendah yang memiliki mutu setara dengan K-100 atau setara dengan 7.4 MPa. Penggunaan rabat beton pada bangunan gedung biasanya dikenal dengan istilah “lantai kerja” yang difungsikan sebagai alas atau dudukan pondasi telapak, agar cor mutu tinggi yang dituang pada pondasi telapak tidak akan tercampur dengan tanah. Secara lengkapnya fungsi rabat beton pada gedung meliputi :
Baca juga :   Kelebihan dan kekurangan besi hollow
  1. Sebagai alas dudukan pondasi dangkal dan dalam seperti pondasi telapak, pondasi plat ataupun pondasi bored pile agar penuangan beton mutu tinggi pada pondasi tidak tercampur dengan tanah.
  2. Menjaga elevasi permukaan menjadi lurus
  3. Meningkatkan daya dukung terhadap pembebanan diatas permukaan tanah
  4. Mempermudah tukang dalam menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan tanah
3. Fungsi rabat beton pada perkerasan jalan
fungsi rabat beton
Fungsi rabat beton pada perkerasan jalan umumnya lebih mengarah pada tahanan beban bergerak (beban dinamis) dari pejalan kaki ataupun kendaraan. Untuk mutu beton yang dipakai pun rata-rata lebih tinggi dibanding rabat beton yang dibuat dan difungsikan sebagai alas pada pondasi gedung.

Leave a Reply