Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang jarang diketahui

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang jarang diketahui

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa mungkin akan menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda yang sering menghabiskan sebagaian besar waktu di PC (Personal Computer) untuk bermain gaming. Seiring berjalannya teknologi, perangkat pada PC semakin mengalami kemajuan, tak terkecuali dengan mouse yang sering dijadikan alat untuk menggerakkan kursor di layar PC.

Kemajuan teknologi dalam bidang komputer menjadikan berbagai produsen memproduksi mouse gaming dengan memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih unggul dibandingkan mouse biasa yang biasanya sering di dapatkan ketika membeli PC / laptop, atau mungkin mouse pasaran yang dijual yang tergolong memiliki fitur-fitur pada umumnya. Lalu, apa saja perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang jarang diketahui ? berikut penjelasannya yang akan dijelaskan pada beberapa topik berikut.

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa

1. Tampilan mouse gaming lebih keren dibanding mouse biasa

Dari segi tampilan, mouse gaming memiliki tampilan yang lebih keren dibandingkan dengan mouse biasa. Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa dari segi tampilan akan anda sadari pada saat anda pergi ke toko komputer yang memajang beberapa jenis mouse di toko tersebut.

Jenis mouse yang sangat mencolok di meja kaca yang anda liat pasti “mouse gaming” karena mouse gaming memiliki desain yang unik, keren, moderen, futuristik dan mencerminkan masa depan yang lebih canggih dalam dunia komputer. Bahkan mouse gaming pada umumnya sudah di desain dengan light effects yang menjadikan mouse gaming terlihat lebih menarik dan menaikkan percaya diri anda saat memakainya.

2. Fungsi mouse gaming memiliki fitur lebih dalam game PC / laptop

Dari segi fungsi, mouse gaming memiliki fungsi yang lebih tinggi dibanding mouse biasa, karena mouse gaming umumnya diperuntukkan untuk game PC atau laptop, yang dimana pada beberapa game tertentu terdiri dari kontrol yang rumit yang dapat di handle oleh mouse gaming sehingga anda menjadi lebih mudah dan lebih nyaman saat bermain game apapun yang ingin anda mainkan. Berbeda dengan mouse biasa, yang pada umumnya lebih difungsikan untuk aplikasi standar pada PC / laptop.

Baca juga :   Cara mematikan antivirus windows 10

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang paling mencolok dari segi fungsi adalah tombol-tombol khusus yang terdapat pada mouse gaming atau biasa yang disebut dengan macro keys, terdapat beberapa tombol yang dapat difungsikan sebagai pintasan keyboard dan mempercepat akselerasi anda dalam bermain game. Macro keys yang terdapat pada mouse gaming mencakup tombol : high DPI, back/return, double/triple click.

3. Mouse gaming memiliki tingkat DPI yang cukup tinggi

DPI (Dot Per Inch) adalah satuan resolusi yang dimiliki oleh mouse. Semakin tinggi tingkat DPI pada mouse, maka semakin cepat dan akurat juga pergerakan kursor dilayar monitor. Hal ini tentunya akan mempermudah kita dalam mengakses ataupun menyeleksi area yang kita kehendaki, terlebih lagi dalam bermain game, seperti game perang yang membutuhkan pergerakan cepat dan akurat agar musuh kita lebih cepat mati. Pada mouse biasa, tingkat dpi dalam kisaran 500 – 800 dpi, sedangkan pada mouse gaming berada diatas 2000 dpi.

4. Dari segi ketahanan, mouse gaming lebih unggul dibanding mouse biasa

Mouse gaming dirancang dengan memiliki ketahanan yang luar biasa dibandingkan dengan mouse biasa. Untuk bermain game, seorang gamers mampu menghabiskan waktunya selama berjam-jam di depan PC / laptop dengan menggunakan mouse yang hasil kliknya sudah tidak terhitung lagi. karena, di dalam game klik pada mouse sudah menjadi kebutuhan umum dalam bermain game.

Pada beberapa referensi telah menyebutkan bahwa mouse gaming mampu bertahan hingga 200 juta klik. Selain itu, material penyusun mouse game terdiri dari material yang cukup kuat sehingga sehingga tidak mudah rusak ketika mengalami benturan.

5. Mouse game memiliki sensitivitas yang lebih baik

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa selanjutnya yaitu, mouse gaming memiliki sensitivitas yang lebih tinggi, hal ini dikarenakan mouse gaming telah dilengkapi dengan sensor optik khusus yang bisa meningkatkan nilai sensitivitas agar bisa membaca pergerakan mouse dengan lebih baik, lebih halus dan lebih lancar agar dapat mendukung performa gamers dalam bermain game.

Baca juga :   Kelebihan Hardisk SSD Dibanding HDD
6. Mouse gaming memiliki nilai jual yang lebih tinggi

Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang terakhir adalah dari segi harganya. Tentunya, harga mouse gaming lebih mahal jika dibandingkan dengan mouse biasa. Hal ini berbanding lurus dengan fasilitas dan keunggulan yang dimiliki oleh mouse gaming. Untuk harganya sendiri, mouse gaming biasanya memiliki harga pasaran dengan kisaran Rp. 200,000 hingga > Rp. 1000,000. Semakin mahal harga mouse yang dibeli, maka semakin canggih juga fitur yang akan dirasakan ketika bermain game. Sedangkan untuk mouse biasa bisa di dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp. 25,000 hingga < Rp. 200,000.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020