Kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan

Kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan

Setiap barang elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tak terkecuali kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan yang sering digunakan oleh beberapa pengguna untuk berbagai keperluan, Seperti : desain grafik, desain gedung, bermain game, memproses data dan untuk digunakan untuk keperluan lainnya.

Walaupun di era sekarang para pengguna lebih dominan menggunakan laptop dibandingkan komputer dalam memproses data, bermain game dan untuk keperluan hiburan, tetapi beberapa kalangan masih lebih memilih menggunakan komputer. Tentu komputer yang dipakai bukanlah komputer yang biasa sering dijual pasaran, tetapi komputer ini adalah komputer rakitan.

Bagi sebagian kalangan, kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan menjadikan mereka sulit untuk berpindah ke laptop walaupun laptop bisa dibawa kemana saja dan dapat digunakan walaupun saat listrik mati. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan sehingga sebagian kalangan lebih memilih komputer rakitan ? berikut ulasannya…

Kelebihan dan kekurangan dari komputer rakitan

Komputer rakitan umumnya merupakan komputer yang dirakit sendiri oleh teknisi yang ahli dibidang komputer. Berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan yang memadai menjadikan seorang teknisi komputer mampu menyusun dan merakit bahan dan komponen komputer sesuai dengan kebutuhannya dalam bermain game, memproses data dan untuk kepentingan lainnya.

1. Kelebihan komputer rakitan

— 1.1. Fleksibel dalam memilih bahan dan komponen

Untuk memilih komponen apa saja yang harus digunakan berdasarkan kebutuhan kita sebagai pemakainya. Biasanya untuk keperluan gaming, kebutuhan spek. dari tiap komponen yang diperlukan membutuhkan bahan dan komponen yang berkualitas tinggi agar menghasilkan performa tinggi saat bermain game. Contoh spesifikasi komponen yang berkualitas tinggi tetapi masih tergolong dalam harga terjangkau untuk komputer rakitan di tahun 2020 terdiri dari :

Baca juga :   Perbedaan mouse gaming dan mouse biasa yang jarang diketahui
KomponenMerek / TipeHarga
Processor AMD Ryzen™ 3 2200G With Radeon™ Vega 8 GraphicsRp. 1,600,000
RAMV-GeN Tsunami DDR4 8GB (2x4GB) 3200Mhz Dual Channel KIT Rp. 1,190,000
Motherboard Asrock B450M HDVRp. 1,400,000
HardiskHarddisk Seagate Internal PC 500GB HDD SATA 3.5″Rp. 250,000
SSDSSD Pioneer 120GB SATA 3Rp. 370,000
CasingCUBE GAMING CASE VREDRp. 380,000
PowersupplyCooler Master Masterwatt Lite 500WRp. 550,000
VGASAPPHIRE RX 560 4GB DDR5 Pulse (Single Fan)Rp. 2,150,000
Total Harga Rp. 7,890,000

Jika untuk keperluan seperti memproses data dan untuk kebutuhan lainnya seperti pekerjaan kantoran, komponen yang digunakan cukup dengan menggunakan spek. standar yang lebih terjangkau yang terdiri dari :

KomponenMerek / TipeHarga
Processor AMD Ryzen™ 3 2200G With Radeon™ Vega 8 Graphics Rp. 1,600,000
RAM V-GeN Tsunami DDR4 8GB (2x4GB) 3200Mhz Dual Channel KIT Rp. 1,190,000
Motherboard Asrock B450M HDV Rp. 1,460,000
Hardisk Harddisk Seagate Internal PC 500GB HDD SATA 3.5″ Rp. 250,000
SSDSSD Pioneer 120GB SATA 3 Rp. 370,000
CasingCUBE GAMING CASE VRED Rp. 380,000
PowersupplyEVGA 400W Rp. 550,000
Total Harga Rp. 5,800,000
— 1.2. Kemudahan Garansi

Garansi dari komputer rakitan biasanya terpisah berdasarkan masa jangka garansi tiap komponen. Misalnya, garansi untuk komponen RAM adalah 6 bulan sedangkan garansi untuk processor adalah 1 tahun. Hal ini tentunya mengantisipasi hilangnya garansi jika terjadi kerusakan bersamaan pada beberapa komponen.

— 1.3. Lebih mudah merawat komputer rakitan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh komputer rakitan adalah perawatan yang lebih mudah karena rancangan komputer rakitan bisa dibuat sendiri dengan mengatur bagian mana saja yang mudah di buka dan di tutup kembali sehingga mempermudah mengganti komponen yang rusak atau membersihkan bagian-bagian dalam komputer rakitan.

Baca juga :   8 Cara agar laptop tidak cepat panas
— 1.4. Komputer rakitan kompitabel dengan komponen lainnya

Susunan komponen yang dirakit pada komputer rakitan dirancang sedemikian rupa untuk menjamin kompitabelnya antar komponen. Tak hanya dari segi hardware, tetapi juga dari segi perangkat lunak (Software) yang akan dijalankan di komputer rakitan.

2. Kekurangan komputer rakitan

— 2.1. Instalasi yang rumit

Memasang dan menyusun dari tiap komponen rakitan bukanlah hal yang mudah, karena untuk menyusun komputer rakitan harus memiliki pengetahuan yang cukup banyak dibidang komputer dan kelistrikan dengan instalasi kabel-kabel yang rumit untuk penyesuaian pemakaian daya listrik yang di konsumsi oleh komputer rakitan. Hal ini bertujuan agar komputer rakitan akan sukses dijalankan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan komputer yang dijual di pasaran.

— 2.2. Kerusakan yang tak terduga

Instalasi yang salah dan kurang tepat akan menyebabkan komputer rakitan menyebabkan kerusakan yang tak terduga, baik sementara proses instalasi ataupun sudah pada tahap pemakaian. Kesalahan instalasi biasanya akan terjadi ketika saat perakitan komponen ditempatkan pada tempat yang salah dan tidak kompitabel dengan komponen yang lain. Walaupun tiap komponen komputer rakitan sudah kompitabel dengan komponen lain, kompitabel yang dimaksud adalah memiliki pasangannya sendiri. Contohnya seperti RAM DDR 3 tidak bisa dimasukkan pada slot RAM DDR 2, karena terdapat perbedaan antara RAM DDR 2 dan DDR 3.

— 2.3. Harga yang berbeda – beda

Tiap komponen memiliki harga yang berbeda-beda tiap antar tiap toko yang menjual komponen komputer rakitan. Terkadang selisih harga antara toko komputer yang satu dan lainnya memiliki selisih harga yang cukup jauh. Agar anda lebih untung mendapatkan komponen komputer terbaik dengan harga yang wajar serta menguntungkan, ada baiknya dulu anda mengecek satu persatu harga komponen komputer rakitan di beberapa toko, lalu bandingkan harga dan kualitas terbaik yang pantas anda dapatkan.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020