Box Culvert

Perbedaan dan Persamaan U-Ditch, Buis Beton, dan Box Culvert

Posted on

U-ditch, buis beton, dan box culvert; ketiga material tersebut sangat familiar untuk kalangan proyek yang telah terbiasa dibidang hal yang demikian. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum faham seputar ketiganya.

U-ditch, buis beton, dan box culvert merupakan bagian dari jenis-jenis beton pracetak. Dalam perkembangannya beton merupakan bahan bangunan yang paling banyak dipakai di dunia. Dan sekarang ini sangat mudah menemukan beton baru hasil modifikasi. Misalnya: beton precast/pracetak yang digunakan pada struktur suatu bangunan.

Perbedaan U-ditch, Buis Beton, dan Box Culvert

1. U-ditch

Bentuk

1/2 kotaknya adalah lubang.

Fungsi

Fungsi utamanya adalah sebagai saluran air yang dapat membawa atau mengalirkan air serta dapat meresapkan sebagian air hujan ke dalam tanah. U-ditch juga berfungsi sebagai saluran air terbuka yang dapat diaplikasikan pada beragam elevasi saluran yang dibutuhkan, misalnya: Perbaikan di pinggir jalan.

Baca juga: Cara Pembuatan Kanstin

Ukuran

Ukuran U-ditch bervariasi, tergantung dari fungsi serta besar debit air yang akan dialirkan. Ukuran u-ditch mulai dari 30 cm x 30 cm sampai dengan 120 cm x 120 cm. Format dari saluran ini yaitu terbuka (seperti huruf U).

Kualifikasi

Kualifikasi yang harus dipenuhi U-ditch berdasarkan standar nasional Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Agar tidak menimbulkan genangan air di atas permukaan, saluran u-ditch harus dapat mengalirkan dan meresap air¬†hujan ke dalam tanah dengan volume yang cukup besar.
  • Guna dapat bekerja secara optimal, proses produksi U-ditch harus memenuhi standar SNI dan tidak memiliki cacat pada bagian permukaan.
  • Proses pemasangan U-ditch sebaiknya dilakukan pada permukaan tanah yang stabil.

Kualitas

Kualitas beton yang dianjurkan memakai K-350. Sistem penyambungan memakai plat joint, yakni plat embeded yang disambung menggunakan baut. Tipe sambungan seperti ini umumnya disebut sambungan male-female. Untuk penutup pada bagian pertemuan sambungan (nat) menggunakan bahan material mortar.

Lain-lain

  • U-ditch mempunyai cover yang bisa digunakan untuk membuat saluran tertutup dengan nama cover U-ditch. Cover ini mempunyai ukuran panjang separuh dari ukuran U-ditch.
  • Cover u ditch tersedia dalam dua tipe yaitu heavy duty dan light duty. Kamu bisa memilih tutup cover ini sesuai kebutuhan karena keduanya dibedakan berdasar ketebalannya. Tipe U-ditch & tutup / cover U-ditch: light duty, tipe saluran ini biasa digunakan pada area yang digunakan sebagai pijakan para pejalan kaki atau area jalan. Heavy duty, tipe saluran ini biasa digunakan pada area yang dilalui beban berat, misalnya: kendaraan.
  • U-ditch tidak mampu untuk dilintasti material proyek
U-ditch
Sumber: instagram @surya.kencanaputra

2. Buis Beton/Pipa Beton RCP

Bentuk

Buis beton memiliki 2 bentuk, yaitu setengah bulat dan bulat utuh (non pasir). Namun yang selama ini dianggap lebih baik adalah buis beton berbentuk bulat (non pasir).

Fungsi

Leave a Reply