Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Kelebihan dan kekurangan genteng metal

Kelebihan dan kekurangan genteng metal
Sukai dan Bagikan..

Kelebihan dan kekurangan genteng metal yang akan dibahas pada konten kali ini akan menjadikan sebuah review dan bahan rujukan ataupun pertimbangan ketika anda ingin membangun sebuah rumah. Umumnya terdapat beberapa macam jenis penutup atap yang sering dipakai dalam pembangunan rumah tinggal ataupun jenis bangunan lainnya, salah satunya adalah genteng metal.

Genteng metal merupakan sebuah penutup atap yang dibuat dari bahan dasar metal/ logam dimana dengan memakai bahan tersebut pemilik bangunan memiliki nilai tambah dari penutup atap genteng metal. Seperti kata pepatah tak ada yang sempurna di dunia ini, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupun dengan genteng metal, lalu apa saja kekurangannya ?

Kelebihan dan kekurangan genteng metal
1. Kuat dan tahan lama

Seperti yang kita ketahui, pada dasarnya material metal/logam memiliki daya tahan yang kuat terhadap retakan dan begitu tahan lama terhadap cuaca yang tak konsisten, hal inilah yang membuat produsen dibidang konstruksi menciptakan penutup atap dari genteng metal. Selain genteng metal memiliki kekuatan dalam menahan retakan, genteng metal juga anti rayap, anti jamur, anti bocor dan anti lapuk.

Kekuatan dan daya tahan dari genteng metal ini mungkin akan menjadi pertimbangan bagi anda yang tidak ingin selalu menganti penutup atap rumah/gedung kurang dari 20 tahun lamanya. Selain kekuatan genteng metal di dapat dari bahan dasar logam, kekuatan genteng metal ini juga bertambah saat melakukan pemasangan dengan sistem interlocking (saling mengunci) untuk mengantisipasi kerusakan akibat terjadinya gempa ataupun angin yang sangat kencang.

2. Pemasangan yang mudah dan cepat

Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang lama, genteng metal juga memiliki kemudahan dalam pemasangannya, cukup dengan menyetel ukuran kaso (dudukan genteng metal) sesuai dengan spesifikasi jenis genteng metal yang anda pilih dan rangka atap yang akan digunakan. Penggunaan genteng metalpun dapat dapat dipakai pada rangka kayu ataupun rangka baja ringan. Semakin besar dimensi genteng atap metal yang dipilih maka semakin cepat juga pengerjaannya.

3. Tersedia dengan berbagai macam jenis

Keunggulan lainnya dari genteng metal adalah tersedianya berbagai macam jenis yang masing-masing memiliki model, corak dan warna yang berbeda-beda yang dapat menyesuaikan dengan selera pemilik rumah/gedung. Beberapa jenis genteng metal diantaranya :

  1. Genteng metal galvalume steel (Tidak mudah karatan)
  2. Genteng metal tembaga (Sangat kuat dan unik)
  3. Genteng metal stainless steel (Berat dan sangat kuat)
  4. Genteng metal standing steam (Moderen dan berkelas)
  5. Genteng metal berpasir (Peredam panas dan suara)
  6. Genteng metal spandek (Lentur)
  7. Genteng metal millenium (Ringan dan stylish)
  8. Genteng metal multiroof (Warna awet jangka panjang)
4. Harga bersahabat

Jika anda ingin berhemat dalam berbelanja bahan bangunan, mungkin penutup atap genteng metal dapat menjadi pilihan bijak untuk menjadikan keuangan anda tidak terlalu merosot. Pasalnya, penjualan genteng metal dijual mulai dari harga Rp. 25,000.00 /m2. Harga ini akan terus berbanding lurus dengan merek, kualitas ataupun dari jenis genteng metal yang anda pilih. Semakin tinggi nilai harga jualnya maka semakin bagus juga kualitas dan keuntungan yang akan anda dapatkan dalam jangka waktu yang lama.

Tak lepas dari pembahasan kelebihan dan kekurangan genteng metal, maka sudah saatnya saya akan membahas kekurangannya :

1. Meningkatkan suhu ruangan

Seperti yang kita ketahui, metal/logam memiliki daya serap panas yang besar sehingga atap genteng metal dapat membuat suhu ruangan menjadi lebih panas. Tetapi, berdasarkan jenisnya, hal ini tidak berlaku pada jenis genteng metal berpasir karena jenis genteng metal yang satu ini merupakan sebuah penemuan baru dari jajaran desain atap rumah dimana komposisi pembuatannya terdiri dari lapisan serbuk batuan yang telah dicampurkan dengan bahan dasar zinc phospat, zincalume dan coraltex.

2. Menimbulkan suara bising

Disaat hujan, suara atap genteng metal membuat suara yang sangat bising karena jatuhnya air hujan diatas atap. Tetapi, lagi-lagi ini tidak berlaku bagi atap genteng metal berpasir dimana kualitas dari kebisingan suara yang dimiliki oleh jenis genteng metal ini sudah hampir menyerupai atap beton yang dapat meredam suara hujan.

— Penutup

Setelah memahami beberapa kelebihan dan dan kekurangan genteng metal, darisinilah kita dapat menyimpulkan kelebihan dan kekurangan yang lebih spesifik tergantung dari jenis genteng metal yang anda pakai. Setiap model dan desain memiliki tujuan masing-masing untuk memahami kebutuhan anda sebagai pemilik rumah/gedung.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
75 / 100 Skor SEO

Rifan Engineering

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019 ~ By Rifan Engineering