Kelebihan dan kekurangan pintu harmonika

Kelebihan dan kekurangan pintu harmonika

Setiap bahan konstruksi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menjadi bagian komponen dari sebuah gedung, begitupun dengan kelebihan dan kekurangan pintu harmonika. Lantas apa itu pintu harmonika? bagaimana bentuknya? dan apa saja kelebihan dan kekurangan pintu harmonika? pembahasan ini akan dijelaskan dalam beberapa topik bagian berikut :

Apa itu pintu harmonika ?

Pintu harmonika merupakan pintu yang terdiri dari beberapa material yang sangat keras tetapi bersifat fleksibel yang memiliki pola zig-zag untuk menjadikan jalur masuk dan keluar dari sebuah gedung memiliki keamanan yang sangat kuat. Selain menjadikan gedung memiliki keamanan yang sangat kuat, pintu harmonika terdiri dari berbagai jenis model, warna dan ukurannya sehingga membuat para desain gedung menjadi leluasa dalam menambah nilai seni bangunan melalui pintu harmonika. beberapa material yang sering dipadukan dalam pemasangan pintu harmonika yaitu mencakup :

  1. Slat daun, merupakan daun pintu harmonika yang terbuat dari besi yang memiliki berbagai macam ketebalan. Semakin tebal slat daun harmonika, maka semakin bagus kualitas pintu harmonika yang dimiliki.
  2. UNP, yang berfungsi untuk memperkuat dan menyeimbangi kekuatan daun pintu pintu harmonika. Semakin tebal daun pintu harmonika, maka semakin tebal pula UNP-nya.
  3. Roda, yang berfungsi untuk melancarkan system buka tutup pintu harmonika.
  4. Pelatuk, berperan penting sebagai pengunci pintu yang memberikan keamanan ekstra.
  5. Rel, Berfungsi sebagai jalur roda pintu harmonika yang terdiri dari 2 jenis, yaitu rel tanam atau rel menonjol.
  6. Power Lock, berperan penting sebagai gembok pintu harmonika yang terbuat dari besi yang cukup kuat.
  7. Cat, memperindah tampak pintu harmonika dengan penggunaan cat yang berkualitas yang terdiri dari cat meni sebagai cat dasar dan cat warna sesuai dengan keinginan.
Baca juga :   Kelebihan dan kekurangan genteng metal
Kelebihan dan kekurangan pintu harmonika

Tidak jauh dari pembahasan seputar pintu harmonika, pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan pintu harmonika juga akan dibahas pada pembahasan berikut :

Kelebihan pintu harmonika
  1. Karena jenis pintu harmonika terbuat dari bahan-bahan keras seperti besi dan jenis logam lainnya, maka ini akan menjamin kekuatan dan kemanan pada gedung.
  2. Bahan bahan yang terdiri dari pintu harmonika membuat pintu harmonika menjadi tahan api walaupun berada pada suhu yang sangat tinggi.
  3. Pintu harmonika lebih awet dan tahan lama seiring berjalannya waktu. Perawatan yang baik juga dapat meningkatkan daya tahan lama dari pintu harmonika dari kerusakan.
  4. Pintu harmonika dapat menambah nilai seni pada bangunan dan membuat orang yang jahil sulit untuk mengotorinya dengan coret-coretan. Lipatan-lipatan berbentuk zig-zag memberikan kesan unik bagi yang melihatnya.
  5. Walaupun tergolong mahal, tapi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kualitas yang akan di dapatkan yang berarti dapat memberikan nilai ekonomis.
Kekurangan pintu harmonika
  1. Membutuhkan tukang spesialis harmonika pada pengerjaan dan pemasangannya agar tidak dapat menimbulkan kerusakan dikemudian hari.
  2. Membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi. Kerusakan yang mungkin terjadi akibat kurangnya perawatan dengan tidak memberi Vet atau oli pelumas di bagian rel atau mungkin kerusakan jenis lainnya.
  3. Ukuran tinggi maksimal yang disarankan pada penggunaan pintu harmonika yaitu hanya setinggi 2.5 meter.
  4. Pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan jenis pintu lainnya
  5. Membuat anggaran pembangunan menjadi lebih naik.
Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020