5 Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

5 Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal mungkin menjadi sebuah pertanyaan bagi anda yang ingin membeli tanah disebuah kawasan. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan tanah pada sebuah Kawasan akan mengalami kenaikan harga hingga tiap tahunnya. Kenaikan tanah bahkan ada saja yang naik hingga 400% dalam jangka 5 hingga 10 tahun dan tak jarang hal ini dapat membuat anda kaget bukan main ketika mengetahui harga tanah melonjak sangat sehingga menjadi lebih mahal. Lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab harga tanah menjadi lebih mahal dari tahun ke tahun ? kali ini perpusteknik.com akan membahasnya pada bahasan berikut :

5 Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

1. Lokasi tanah yang strategis dengan fasilitas

Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal yang pertama karena tanah tersebut terletak pada lokasi yang semakin strategis dengan fasilitas. Seiring perkembangan zaman, telah banyak pembangunan yang dilakukan untuk menunjang berbagai aktifitas manusia seperti : Pembangunan mall, kantor, pusat layanan masyarakat, pembangunan rumah sakit, universitas, perumahan dan lain-lain.

Jika lokasi tanah yang ingin anda beli memiliki jarak yang cukup dekat dengan berbagai fasilitas yang disediakan, bukanlah hal yang mustahil bahwa tanah tersebut memiliki nilai jual yang lebih mahal dibandingkan dengan tanah yang berada di Kawasan lainnya. Untuk itu, belilah tanah tersebut dengan memprediksi kemajuan lokasi tersebut dalam kurun 5 – 10 tahun kedepan sebelum anda harus mendapatkan tawaran harga yang lebih mahal dari pemilik tanah.

2. Memiliki asset lainnya

Bukanlah hal yang mustahil bahwa tanah yang memiliki asset lainnya akan menjadi penyebab harga tanah menjadi lebih mahal, asset yang dimaksud merupakan property lain yang berada di atas tanah atau menyatu dalam tanah tersebut, contohnya : pohon kelapa sawit, rumah yang berada diatas tanah, tanah yang mengandung emas dan lain-lain. Hal-hal seperti inilah yang membuat tanah menjadi sangat mahal walaupun mungkin tidak terletak pada lokasi yang strategis, terlebih lagi jika lokasinya sangat yang strategis bisa jadi harganya melonjak hingga >400% dibandingkan harga tanah pada umumnya di lokasi tersebut yang tidak memiliki asset lainnya.

Baca juga :   3 Cara menghitung material bangunan rumah
3. Tanah lelang

Salah satu penyebab harga tanah menjadi lebih mahal juga adalah “tanah lelang” atau tanah yang menjadi perebutan untuk sebuah kepentingan. Walaupun terdengar tak lazim tapi tanah lelang ini mengharuskan anda untuk bersaing harga dengan orang lain. Pemilik tanah tentunya akan mengambil tawaran harga yang lebih tinggi dan otomatis ini adalah alasan anda tidak perlu heran mengapa harga tanah tersebut menjadi sangat mahal.

Biasanya tanah yang dilelangpun terletak pada lokasi yang strategis ataupun memiliki asset lainnya, Jika tanah lelang ini sudah memenuhi kategori “lokasi strategis” dan “memiliki asset lainnya”, maka bisa jadi harganya sudah menjadi berkali kali lipat yang membuat anda geleng-geleng kepala untuk menawar harganya untuk bersaing dengan orang lain untuk mendapatkannya.

4. Pengurusan sertifikat / Balik nama

Hal yang tak boleh dipandang sebelah mata dari penyebab harga tanah menjadi lebih mahal adalah “pengurusan sertifikat / balik nama”. Mungkin, jika anda telah mendengar harga tanah sekian ratus juta, misalnya : Rp. 400,000,000.00.- dan anda memiliki uang juga sebanyak Rp.  400,000,000.00.-  kemungkinan besar anda tidak akan dapat membeli tanah tersebut jika tidak menawarnya karena saya menjamin bahwa uang anda kurang.

Kecuali, jika di dalam penjualan tanah tersebut terdapat sebuah catatatan “terima bersih termasuk pengurusan sertifikat / balik nama”. Tetapi, jika anda yang bertanggung jawab dalam pengurusan sertifikat / balik nama, maka setidaknya anda harus mempersiapkan biaya tambahan sekitar 15% hingga 20% dari nilai penjualan tanah tersebut untuk membayar notaris dan biaya tak terduga lainnya.

5. Tanah yang berada di muka jalan raya

Begitu banyak orang yang mempercayai bahwa property yang terletak berada tepat di muka jalan raya, merupakan sumber pembawa rezeki karena begitu banyak manusia yang melintasi jalan raya. Maka sudah wajar-wajar saja jika ini juga menjadi penyebab harga tanah menjadi lebih mahal. Tanah yang berada di muka jalan raya dapat mempermudah akses pemilik tanah untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Selain itu, tanah yang berada di muka jalan raya merupakan tempat yang sangat baik untuk membangun tempat usaha dalam mencari rezeki contohnya usaha kost kostan atau pertokoan.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020