Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

5 Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

Posted on
Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal mungkin menjadi sebuah pertanyaan bagi anda yang ingin membeli tanah disebuah kawasan. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan tanah pada sebuah Kawasan akan mengalami kenaikan harga hingga tiap tahunnya. Kenaikan tanah bahkan ada saja yang naik hingga 400% dalam jangka 5 hingga 10 tahun dan tak jarang hal ini dapat membuat anda kaget bukan main ketika mengetahui harga tanah melonjak sangat sehingga menjadi lebih mahal. Lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab harga tanah menjadi lebih mahal dari tahun ke tahun ? kali ini perpusteknik.com akan membahasnya pada bahasan berikut :

5 Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal

[sc name=”iklan-display-terbaik” ]
1. Lokasi tanah yang strategis dengan fasilitas
Penyebab harga tanah menjadi lebih mahal yang pertama karena tanah tersebut terletak pada lokasi yang semakin strategis dengan fasilitas. Seiring perkembangan zaman, telah banyak pembangunan yang dilakukan untuk menunjang berbagai aktifitas manusia seperti : Pembangunan mall, kantor, pusat layanan masyarakat, pembangunan rumah sakit, universitas, perumahan dan lain-lain. Jika lokasi tanah yang ingin anda beli memiliki jarak yang cukup dekat dengan berbagai fasilitas yang disediakan, bukanlah hal yang mustahil bahwa tanah tersebut memiliki nilai jual yang lebih mahal dibandingkan dengan tanah yang berada di Kawasan lainnya. Untuk itu, belilah tanah tersebut dengan memprediksi kemajuan lokasi tersebut dalam kurun 5 – 10 tahun kedepan sebelum anda harus mendapatkan tawaran harga yang lebih mahal dari pemilik tanah.
2. Memiliki asset lainnya
Bukanlah hal yang mustahil bahwa tanah yang memiliki asset lainnya akan menjadi penyebab harga tanah menjadi lebih mahal, asset yang dimaksud merupakan property lain yang berada di atas tanah atau menyatu dalam tanah tersebut, contohnya : pohon kelapa sawit, rumah yang berada diatas tanah, tanah yang mengandung emas dan lain-lain. Hal-hal seperti inilah yang membuat tanah menjadi sangat mahal walaupun mungkin tidak terletak pada lokasi yang strategis, terlebih lagi jika lokasinya sangat yang strategis bisa jadi harganya melonjak hingga >400% dibandingkan harga tanah pada umumnya di lokasi tersebut yang tidak memiliki asset lainnya.
Baca juga :   Cara Memperbaiki Talang Air Sering Bocor
[sc name=”iklan-teknik-sesuai-konten” ]
3. Tanah lelang
Salah satu penyebab harga tanah menjadi lebih mahal juga adalah “tanah lelang” atau tanah yang menjadi perebutan untuk sebuah kepentingan. Walaupun terdengar tak lazim tapi tanah lelang ini mengharuskan anda untuk bersaing harga dengan orang lain. Pemilik tanah tentunya akan mengambil tawaran harga yang lebih tinggi dan otomatis ini adalah alasan anda tidak perlu heran mengapa harga tanah tersebut menjadi sangat mahal.

Leave a Reply