6 Tips terbaik membangun usaha kost kostan

6 Tips terbaik membangun usaha kost kostan

Tips terbaik membangun usaha kost kostan kali ini akan mengajak anda untuk mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan ketika anda ingin membangun kost kostan. Berhubung usaha kost kostan sudah bisa menjadikan aset yang menjanjikan di masa mendatang, maka tak jarang pelaku usaha ingin terjun untuk menekuni usaha kost kostan. Tetapi sebagian orang mungkin merasa takut menginvestasikan dananya untuk usaha ini karena mungkin berfikir akan mengalami kerugian dan merasa bahwa akan terasa lama balik modal.

6 Tips terbaik membangun usaha kost kostan

Tanpa basa basi lgi, saya langsung saja akan membahas satu persatu tipsnya Yaitu :

1. Memilih lokasi yang strategis

Hal utama yang harus di perhatikan di dalam membangun kost kostan adalah “memilih lokasi yang strategis”. Lokasi yang strategis memiliki hubungan dengan harga sewa kost dan kenyamanan pengguna kost. Tips terbaik membangun usaha kost kostan kali ini mengajak anda untuk memilih lokasi yang sebisa mungkin :

  1. Mudah di akses oleh kendaraan agar dapat menunjang kendaraan pengguna kost
  2. Bukan tempat yang angker karena pengunjung akan merasa ketakutan ketika menempati kost anda
  3. Dekat dengan toko toko penjualan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari pengguna kost walaupun tidak memiliki kendaraan
  4. Dekat dengan sekolah karena kebanyakan potensi penghuni kost adalah mahasiswa
2. Memiliki fasilitas yang memadai

Tips terbaik membangun usaha kost kostan kali ini menyarankan anda untuk memberikan fasilitas yang memadai di lingkungan atau di dalam kost kostan entah ini termasuk kost rumah atau kost kamar, setidaknya di dalam merencanakan fasilitas anda di sarankan untuk mengadakan :

  1. Tempat masak
  2. Tempat cuci kain
  3. KM / WC
  4. AC (dapat meningkatkan harga kontrak)
  5. Wifi (dapat meningkatkan harga kontrak)
  6. Parkir kendaraan
  7. Halaman yang cukup untuk menjemur pakaian
  8. Memiliki post jaga (dapat meningkatkan harga kontrak dan kenyamanan pengguna)
3. Menggunakan tenaga kerja yang profesional

Setelah mendapatkan lokasi strategis dan telah merencanakan fasilitas yang akan di adakan, di dalam pelaksanaan pembangunannya anda disarankan memilih tenaga kerja yang profesional, karena bisa jadi semua terencana dengan baik tetapi realisasinya mengecewakan. Untuk mengetahui lebih detail tenaga kerja yang profesional anda dapat membaca konten 7 Cara mengetahui orang yang profesional bekerja

Baca juga :   Jangan ngaku Anak Teknik jika kalian tidak seperti ini
4. Mengecek harga pasar

Tips terbaik membangun usaha kost kostan selanjutnya yaitu “mengecek harga pasar”. Tujuan dari mengecek harga pasar yaitu untuk menjadikan harga kontrak yang anda berikan tidak terlalu murah atau tidak terlalu mahal bagi pengguna kost, Selain itu dengan mengecek harga pasar bisa menciptakan harga saing yang sehat. Seperti yang di jelaskan tips nomor 2 bahwa pengadaan AC, Wifi dan Post jaga akan dapat meningkatkan harga kontrak bagi pengguna kost.

Untuk itu, pintar-pintarlah mengecek harga pasar, jangan sampai melihat pesaing usaha anda menetapkan harga yang murah, anda juga menurunkan sewa kost anda, padahal fasilitas yang anda adakan sudah terbilang baik. Hal ini akan menyebabkan anda rugi atau menjadikan balik modal menjadi sangat lambat.

5. Promosi dengan periklanan

Promosi dengan periklanan juga merupakan tips terbaik membangun usaha kost kostan. Dengan beriklan anda bisa mendapatkan peluang lebih banyak mendapatkan penghuni kost, beriklan pada zaman sekarang tidak perlu mahal, cukup memposting di media sosial atau di grup facebook yang tergolong populer dibidang properti. Untuk beriklan anda di sarankan untuk :

  1. Melampirkan foto tampak depan, samping dan belakang
  2. Melampirkan foto di dalam ruangan kost
  3. Menjelaskan lokasi seperti : Lokasi kost ini dekat dengan kampus …. kurang lebih berjarak 100 meter
  4. Menjelaskan keunggulan kost kostan merupakan teknik dari marketing
6. Membangun lapak di lingkungan (Jika mendukung)

Walaupun bukan menjadi sebuah kewajiban di dalam membangun kost kostan, tetapi membangun lapak di lingkungan kost juga merupakan tips terbaik membangun usaha kost kostan. Jika lingkungan kost kostan yang anda bangun masih mendapatkan ruang yang cukup, saya menyarankan anda untuk membuka lapak berupa tempat laundy atau jualan kuliner atau mungkin kios kecil untuk menjadikan penghasilan anda berkali-kali lipat. Ramainya pengguna kost dapat menjamin anda memiliki pelanggan yang tetap dan ini tentunya sangat baik mendapatkan pendapatan setiap harinya disamping menunggu uang kost yang dibayar pengguna setiap bulannya.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

2 thoughts on “6 Tips terbaik membangun usaha kost kostan

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020