Bingung belajar di perpusteknik.com ? Pelajari tautan berikut : Petunjuk Penjelajahan

Cerita Menarik dibalik Berdirinya Google

Cerita Menarik dibalik Berdirinya Google
Sukai dan Bagikan..

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal google? jika anda mengenal google, perpusteknik.com akan membahas cerita menarik nih mengenai google dengan judul konten “Cerita menarik dibalik berdirinya Google”. dengan bahasan ini, mungkin kalian akan merasa lebih akrab dengan google.

Google merupakan perusahaan terkenal yang bergerak dibidang Produk, Tekhnologi dan Internet ini merupakan perusahaan nomor 1 di dunia yang menyaingi perusahaan-perusahaan terkenal lainnya. produk yang dihasilkan sangat beragam dari jenis software dan hardware begitupun dengan tekhnologi dan internet seperti halnya mesin pencari google. membahas mengenai sejarah berdirinya google ada cerita menarik dibalik berdirinya google, perpusteknik.com akan membahasnya beberapa bagian :

1. Cerita Menarik Tentang Pola pikir pendiri google



Tahukah anda apa yang difikirkan oleh pendiri google “Larry Page” dan “Sergey Brin” saat menciptakan tekhnologi PageRank? apakah kekayaan? kepopuleran? ternyata jawabannya bukan itu, pola pikir mereka berawal dari ingin menciptakan mesin pencari yang lebih baik bagi pengguna internet.

Pada saat itu, tekhnologi mesin pencari belum secanggih mesin pencari google saat ini. mesin pencari nomor satu pada waktu itu adalah AltaVista yang dimiliki oleh perusahaan Yahoo, dimana pengunjung masih merasa direpotkan dengan pencarian halaman yang dilakukan. sebagai contohnya jika anda mengetikkan kata “mobil”, maka semua halaman website yang mengandung kata mobil akan ditampilkan di hasil pencarian, padahal tidak semua kata yang mengandung mobil benar-benar relevan dengan topik mobil, maka pengunjung harus direpotkan dengan mensortir halaman-halaman yang relevan dengan kata “mobil”. dari alasan inilah yang membuat “Larry Page” dan “Sergey Brin” ingin menciptakan mesin pencari yang lebih baik lagi dan mempermudah pengguna internet dalam mencari apa yang dibutuhkan.

2. Uji Coba Tekhnologi

Setelah melakukan penelitian tentang PageRank, maka akhirnya “Larry Page” dan “Sergey Brin”berhasil membuat PageRank versi mereka sendiri, sebuah tekhnologi berbasis relevansi. Bahasa algoritma yang telah disusun akan memuat halaman-halaman web berdasarkan relevansi kata yang dicari oleh pengunjung internet. Tekhnologi yang mereka ciptakan awalnya dilakukan uji coba pada mesin pencari bernama BakcRub. awalnya mesin pencari BackRub hanya dipakai dilingkungan kampus Universitas Stanford. Hasilnya? sungguh membuat penguna terkesan dan tekhnologi tersebut bekerja sesuai yang diharapkan.

3. Penerapan Google Search Engine

Setelah mendapat umpan balik positif dari pengguna mesin pencari BackRub, maka “Larry Page” dan “Sergey Brin” telah merasa siap untuk menerapkan tekhnologi mesin pencari untuk digunakan pada google search engine. dibalik itu semua “Larry Page” dan “Sergey Brin” mendapatkan satu tantangan dimana mereka kekurangan dana untuk membangun perusahaan Google Inc., dan membuat kapasitas server yang digunakan untuk menampung lebih banyak halaman web. Dari sebab inilah keduanya harus mencari dana dari investor yang bersedia meminjamkan dana untuk mendukung berdirinya perusahaan google.

4. Pinjaman Dana untuk Membangun Google Inc.,

Dibalik kerja keras pendiri google dalam mencari pinjaman dana, akhirnya ada investor Mountain View yang bernama Andy Bechtolsheim yang bersedia meminjamkan dana. google mendapat pinjaman dana senilai US $.100,000. Lucunya, Andy menuliskan pinjaman dana tersebut untuk Google Inc, padahal perusahaan tersebut belum didirikan. hasilnya cek tersebut belum bisa diuangkan dan memaksa Larry dan Sergey harus mencari dana segar dari keluarga, teman, dan saudara mereka. dari usaha mereka terkumpul dana tunai US$ 1 juta dan berdirilah Google Inc.

5. Awal berdirinya google Inc



Pada masa awal berdirinya, google tidak langsung mendapatkan keuntungan dari hasil kerja keras mereka atau belum profit oriented. Larry dan Sergey hanya selalu berfikir tentang bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna internet. Seiring berjalannya waktu Larry dan Sergey selalu memperbaharui kecanggihan tekhnologi PageRank tersebut dan memperbesar kapasitas server agar mampu menampung lebih banyak data. Larry dan Sergey sama sekali belum berfikir bagaimana caranya mendapatkan keuntungan dari mesin pencari yang mereka ciptakan. darisinilah Google mengalami masa-masa krisis keuangan, karena dana simpanan telah habis tepakai dan mereka tidak memperoleh pemasukan sama sekali.

6. Jatuh Bangun Google Inc

Setelah mengalami masa-masa krisis keuangan, Google memperoleh dana tambahan dari Michael Moritz dan John Doerr yang merupakan dua investor kelas kakap di Silicon Valley, dana tersebut digunakan Larry dan Sergey untuk menambah kapasitas penyimpanan dan kualitas pencarian google. selanjutnya Sergey dan Lary mencari CEO untuk mengatur Cash Flow perusahaan google agar berjalan lebih baik. dalam pencarian SEO terpilihlah Eric Schmidt, mantan CEO Novell Inc., dan CTO Sun Microsystem.

7. Berkembangnya google

Walaupun google sempat mengalami jatuh bangun dalam membangun karirnya kehebatan Mesin Pencari Google menjadikan google nomor 1 dimata pengguna internet, pengguna merasa lebih puas menggunakan mesin pencari google dibandingkan mesin pencari lainnya. karena hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan. dengan keunggulan inilah Google kemudian mencari pemasukkan dengan meluncurkan program Google Adsense pada 18 Juni 2003. hingga saat ini sudah semakin banyak dan berkembang produk-produk google yang telah diproduksi. perkembangan google menjadikan nama google makin berkibar dan disegani oleh kompetitornya.

Penting...!!
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…
77 / 100 SEO Score

Rifan Engineering

Pemilik Website Perpusteknik.com

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Rifan EngineeringAndika Tanaiyo Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Andika Tanaiyo
Member
Andika Tanaiyo

Wah sejarah yang panjang ya, google udah semakin besar

Hak Cipta © PerpusTeknik 2019