Perbedaan bata merah dan bata ekspos

Perbedaan bata merah dan bata ekspos

Perbedaan bata merah dan bata ekspos menjadi sebuah ulasan yang menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, jika dilihat dari tampaknya jenis kedua batu ini terlihat seperti sama tetapi memiliki perbedaan yang sangat spesifik dari unsur penyusunnya.

Perbedaan bata merah dan bata ekspos

Perbedaan bata merah dan bata ekspos
Bata merah
Bata ekspos
1. Perbedaan dari segi pembuatan

Pada proses pembuatannya, keduanya hampir memiliki prosedur yang sama, dimana batu bata merah melalui prosedur berikut :

  1. Tanah dicampur dengan lumpur kemudian digiling untuk dibuat adonan
  2. Setelah itu tanah dicetak sesuai dengan ukuran standar P x L x T bata merah
  3. Setelah bata merah dicetak sesuai ukuran standar, bata merah akan dipress menggunakan mesin press untuk memperpadat masa jenis yang ada pada bata merah
  4. Kemudian bata merah dijemur
  5. lalu dilakukan pembakaran sehingga bata merah berwarna kemerahan, semakin merah warna bata yang dihasilkan, berarti tanah liat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bata merah memiliki kualitas yang sangat bagus.

Sedangkan untuk proses pembuatan bata ekspos, melalui prosedur berikut :

  1. Tanah dicampur dengan lumpur kemudian digiling untuk dibuat adonan
  2. Setelah itu tanah dicetak sesuai dengan ukuran standar P x L x T bata ekspos
  3. Proses percetakan bata ekspos yang menimbulkan pori dipermukaan bata ekspos akan diisi dengan perekat semen
  4. Kemudian bata ekspos di oles dengan solar agar hasil akhirnya terlihat mengkilap
  5. Setelah bata ekspos di oles dengan solar, bata ekspos akan dipress dengan cara khusus menggunakan mesin press untuk memperpadat masa jenis yang ada pada bata ekspos
  6. Kemudian bata ekspos dijemur
  7. lalu dilakukan pembakaran sehingga bata ekspos berwarna kemerahan, semakin merah warna bata yang dihasilkan, berarti tanah liat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bata ekspos memiliki kualitas yang sangat bagus.
Baca juga :   7 Kelebihan rangka atap baja ringan dibanding rangka kayu

Setelah anda mengetahui perbedaan spesifik dari pembuatan bata merah dan bata ekspos, maka tak heran anda sendiri dapat menyimpulkan perbedaan bata merah dan bata ekspos ini, yang dimana bata ekspos terlihat lebih halus dan mengkilap dibandingkan bata merah yang tidak mengkilap dan kadang terlihat memiliki pori-pori kecil yang membuat kurang indah jika dipandang.

2. Perbedaan dari segi kualitas dan seni

Perbedaan bata merah dan bata ekspos juga akan nampak dari segi kualitasnya serta dari segi nilai seninya, dimana bata ekspos memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan bata merah. Pada beberapa kondisi, bata ekspos lebih kuat dan tidak mudah pecah serta anti lembab disebabkan sudah ada lapisan perekat semen yang digunakan untuk menutupi pori bata ekspos. Dari segi senipun, jika dibandingkan antara bata ekspos dan bata merah, bata ekspos terlihat lebih artistik dan alami dibandingkan dengan bata merah yang terlihat dan terkesan kuno dan jadul sehingga harus ditambah plesteran dan acian untuk mempercantik tampilannya.

3. Perbedaan dari segi biaya

Selanjutnya, perbedaan bata merah dan bata ekspos dari segi biaya terbilang cukup jauh, dimana rata-rata penjualan bata merah dipasaran beskisar Rp. 500 – Rp. 900 /bh, Sedangkan bata ekspos memiliki harga 2x lipat dari harga bata merah. Kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh bata ekspos menjadikan bata ekspos menjadi lebih mahal dibanding bata merah, tetapi pada bagian finishing, bata ekspos sudah tidak memerlukan plester dan acian, sehinga tambah kurang biaya akan menjadi pertimbangan pada tahap finishing.

Penutup

Setelah mengetahui perbedaan bata merah dan bata ekspos, sudah saatnya anda bisa memutuskan apakah anda harus mengunakan bata ekspos atau bata merah ? penggunaan bata merah hanya cocok jika anda tidak menghendaki kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh bata ekspos. Tetapi, jika anda ingin bangunan anda memiliki nilai seni dan memiliki dinding yang berkualitas, gunakanlah bata ekspos atau bisa juga menggunakan bata ringan yang memiliki keunggulan yang lebih baik.

Mohon dukungannya...
Ayo dukung website perpusteknik.com dengan berlangganan konten terbaru !! caranya dengan mengklik lonceng disudut kiri bawah atau lihat petunjuknya disini… dan jangan lupa juga bagikan konten-konten di perpusteknik.com untuk saling menambah pengetahuan melalui media sosial. Terima kasih atas dukungannya ^_^…

Perpus Teknik

Pemilik sekaligus pengelola Website Perpusteknik.com

Leave a Reply

Hak Cipta © PerpusTeknik 2020