Perbedaan bata merah dan bata ekspos

Posted on
Perbedaan bata merah dan bata ekspos menjadi sebuah ulasan yang menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, jika dilihat dari tampaknya jenis kedua batu ini terlihat seperti sama tetapi memiliki perbedaan yang sangat spesifik dari unsur penyusunnya.

Perbedaan bata merah dan bata ekspos

Perbedaan bata merah dan bata ekspos
Bata merah
Bata ekspos
1. Perbedaan dari segi pembuatan
Pada proses pembuatannya, keduanya hampir memiliki prosedur yang sama, dimana batu bata merah melalui prosedur berikut :
  1. Tanah dicampur dengan lumpur kemudian digiling untuk dibuat adonan
  2. Setelah itu tanah dicetak sesuai dengan ukuran standar P x L x T bata merah
  3. Setelah bata merah dicetak sesuai ukuran standar, bata merah akan dipress menggunakan mesin press untuk memperpadat masa jenis yang ada pada bata merah
  4. Kemudian bata merah dijemur
  5. lalu dilakukan pembakaran sehingga bata merah berwarna kemerahan, semakin merah warna bata yang dihasilkan, berarti tanah liat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bata merah memiliki kualitas yang sangat bagus.
[sc name=”iklan-display-terbaik” ] Sedangkan untuk proses pembuatan bata ekspos, melalui prosedur berikut :
  1. Tanah dicampur dengan lumpur kemudian digiling untuk dibuat adonan
  2. Setelah itu tanah dicetak sesuai dengan ukuran standar P x L x T bata ekspos
  3. Proses percetakan bata ekspos yang menimbulkan pori dipermukaan bata ekspos akan diisi dengan perekat semen
  4. Kemudian bata ekspos di oles dengan solar agar hasil akhirnya terlihat mengkilap
  5. Setelah bata ekspos di oles dengan solar, bata ekspos akan dipress dengan cara khusus menggunakan mesin press untuk memperpadat masa jenis yang ada pada bata ekspos
  6. Kemudian bata ekspos dijemur
  7. lalu dilakukan pembakaran sehingga bata ekspos berwarna kemerahan, semakin merah warna bata yang dihasilkan, berarti tanah liat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bata ekspos memiliki kualitas yang sangat bagus.
Baca juga :   Kelebihan dan kekurangan ACP (Aluminium Composite Panel)
Setelah anda mengetahui perbedaan spesifik dari pembuatan bata merah dan bata ekspos, maka tak heran anda sendiri dapat menyimpulkan perbedaan bata merah dan bata ekspos ini, yang dimana bata ekspos terlihat lebih halus dan mengkilap dibandingkan bata merah yang tidak mengkilap dan kadang terlihat memiliki pori-pori kecil yang membuat kurang indah jika dipandang.

Leave a Reply